Jum'at, 16/11/2018 18:21 WIB

Pemkab Agam Salurkan 30 Ribu Bibit Kelapa

Kebun kelapa

Kebun kelapa

Agam, sumbarsatu.com- Pemkab Agam, melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) menargetkan penyaluran bibit kelapa kepada warga 30 ribu batang selama tahun 2018.

Menurut Kepala DPKP Agam, Ermanto, kebijakan ini dilakukan untuk mengembalikan Agam sebagai sentra kelapa, yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Penyaluran bibit kelapa telah dilakukan sejak Juni 2018. Sampai saat ini telah disalurkan sebanyak 24 ribu batang pada masyarakat secara gratis.

“Bibit disalurkan pada tujuh kecamatan yang cocok ditanami kelapa masing-masing, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, Palembayan, Palupuah, dan Malalak,” ujarnya, Jum’at (16/11/2018).

Penyaluran bibit kelapa sebagai upaya untuk peremajaan kelapa masyarakat yang sudah berumur tua, bahkan ada yang sudah mencapai 100 tahun, sehingga tidak produktif lagi.

Kini banyak pohon kelapa tua ditebangi tanpa dilakukan peremajaan, sehingga kelapa yang berkualitas di Agam sudah mulai berkurang.

Selama ini Agam dikenal sebagai penghasil kelapa berkualitas, yang memiliki santan cukup baik. Namun semua itu kini semakin berkurang, sehingga kelapa Agam mulai berkurang di pasaran.

Guna mengatasi masalah itu, Bupati Agam menganjurkan masyarakat kembali menanam kelapa, karena selain jadi kebutuhan sehari-hari, juga dapat meningkatkan perekonomian.

“Jika setiap warga menanam kelapa, setidaknya untuk kebutuhan sehari-hari mereka tidak membeli,” ujarnya pula. (MSM)

 

BACA JUGA