Jum'at, 09/11/2018 20:40 WIB

Bupati Pasaman Barat Kunjungi Korban Banjir

Bupati Syahiran beserta Ny. Yunisra Syahiran dan Wabup Yulianto beserta Ny. Sifrowati Yulianto mengunjungi korban banjir

Bupati Syahiran beserta Ny. Yunisra Syahiran dan Wabup Yulianto beserta Ny. Sifrowati Yulianto mengunjungi korban banjir

Simpang Empat, sumbarsatu.com--Bupati Syahiran beserta Ny. Yunisra Syahiran dan Wabup Yulianto beserta Ny. Sifrowati Yulianto mengunjungi korban banjir dan sekaligus menyerahkan bantuan sembako di Nagari Aia Gadang Batang Saman, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis.(8/11/2018) yang sehari sebelumnya kena dampak banjir.

Pada kesempatan itu Syahiran ikut perihatin atas banjir terulang kembali di Aia Gadang Batang Saman. Syahiran menyampaikan kepada perwakilan masyarakat agar sabar dan tabah dan berhati-hati karena curah hujan tak kunjung berhenti.

Bupati pasbar Syahiran ikut hadir dalam koordinasi memantau penyaluran bantuan dari Pemda untuk di bagikan pada warga yang titik terparah terendam air pemukimannya. Adapun bantuan yang di berikan  Beras, mie instan,  nasi bungkus dan lain-lain.

Bupati  sempat singgah di rumah warga dimana masyarakat lagi berkumpul dan mendengarkan arahan agar tingkatkan ke waspadaan apa bila hujan tak kunjung berhenti dan menghimbau orang tua agar anak-anak di perhatikan apabila bermain di luar rumah ketika hujan.

Wabup H. Yulianto, SH, MM menyempati singgah di sebuah warung kopi milik masyarakat Aia Gadang Batang Saman. Dalam kesempatan tersebut, Yulianto mendengar keluhan masyarakat terjadinya banjir bandang kembali mengakibatkan terbenamnya pemukiman warga setempat dan arus jalan jadi macet.

Yulianto menghimbau masyarakat agar selalu memonitor naik pasang  air sungai Batang Saman dikarenakan curah hujan masih tinggi cuaca yang ekstrim agar waspada pemukiman yang dekat dengan lokasi jembatan Batang Saman.

Dia menyarankan agar berhati-hati curah hujan malam mulai tinggi tak kunjung hentinya. Jangan sampai ketiduran karena air tidak disangka bisa naik sedada orang pria dewasa.

Yulianto menyarankan kepada masyarakat agar cepat meminta bantuan pihak terkait agar cepat di tanggulangi dan di tolong dengan fasilitas yang ada dan menyelamatkan warga setempat ke tempat yang lebih aman.

Ketua GOW Sifrowati Yulianto ikut mengunjungi Polindes di Aia Gadang dan menanyakan kepada bidan desa penyakit apa saja warga yang berobat semenjak banjir ini dan mohon dilengkapi obatan-obatan medisnya.

Sifrowati  menyempatkan mengunjungi rumah warga yang air mencapai selutut dan pihak rumah masih ada di dalam yang seorang ibu menggendong bayinya masih berumur 1 tahun yang kondisi demam dan kondisi fisik yang mulai melemah.

Sifrowati  mengimbau bidan desa dan pihak Puskesmas Aia Gadang agar diadakan posko kesehatan untuk masyarakat yang berobat akibat dampak banjir yang terjadi malam kamis dini hari.

Syahiran mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait atas tanggap bencana di Pasbar dengan cepat, agar kita selalu memonitoring di setiap bencana yang ada didaerah. Turut hadir, Kapolres Pasbar beserta jajaran, TNI, kepala dinas sosial, anggota DPRD Sumbar, Kepala Dinas PU, Wali Nagari Aia Gadang, jorong Aia Gadang. (SSC)

 

BACA JUGA