Selasa, 06/11/2018 17:25 WIB

Kapasitas Pendamping BUM Desa/Nagari Diperkuat

Pendamping BUM Desa/Nagari, sebanyak 25 orang mengikuti pelatihan difasilitasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP

Pendamping BUM Desa/Nagari, sebanyak 25 orang mengikuti pelatihan difasilitasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP

Padang, sumbarsatu.com—Para pendamping Badan Usaha Milik (BUM) Desa/Nagari di Sumatera Barat mengikuti Training of Trainer di Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang, Selasa (6/11/2018). Tujuan kegiatan ini untuk memperkuat kapasitas peserta pendamping BUM Desa/Nagari.

Menurut Akmal, Ketua Panitia Training of Trainer Pendamping BUM Desa/Nagari, sebanyak 25 para pendamping itu berasal dari delapan fakultas dalam lingkungan UNP.

Semua pendamping BUM Desa/Nagari yang mengikuti pelatihan difasilitasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP selama dua hari, Selasa hingga Rabu (6-7/11/2018).

“Kita menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh untuk pendampingan BUM Desa/Nagari agar kegiatan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. Mereka ini siap diterjunkan ke nagari-nagari di penjuru Sumatera Barat,” kata Akmal.

Sementara itu, Khairudin, Sektretaris LP2M UNP mengatakan, pemateri dalam pelatihan ini adalah Irwan dengan materi “Managing Value”, Febrian Alyuswar menyampaikan materi sosialisasi kebijakan pendampingan BUM Desa/Nagari di Indonesia, sedangkan Yanni Setiadingrat dengan materi “Extending Value”.

“Pembangunan desa/nagari telah menjadi program prioritas pemerintah terutama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang tujuannya agar warga desa/nagari tidak pergi ke kota-kota besar mengadu nasib,” kaya Khairuddin.

“Dengan adanya BUM Desa/Nagari dikesankan bisa meningkatkan ekonomi dan menurunkan angka pengangguran di desa atau nagari, serta sekaligus kemiskinan. Selain BUM Desa/Nagari bisa memicu dan mempercepat kemandirian nagari,” tambahnya.

Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor 4 UNP, Prof Syahrial Bakhtiar sekaligus memberi sambutan dan. Setelah diawali sebelumnya sambutan Ketua LP3M UNP, Prof Rusdinal. (SSC)

 

BACA JUGA