Memacu Kunjungan Wisatawan, Festival Pesona Mandeh Resmi Dibuka

-

Kamis, 25/10/2018 17:06 WIB
Festival Pesona Mandeh dibuka Kamis (25/10/2018) di TPI Cerocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Festival tersebut menampilkan berbagai atraksi mulai dari seni tradisi rakyat, festival kuliner, clief jumping, lomba foto, dan penampilan musik

Festival Pesona Mandeh dibuka Kamis (25/10/2018) di TPI Cerocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Festival tersebut menampilkan berbagai atraksi mulai dari seni tradisi rakyat, festival kuliner, clief jumping, lomba foto, dan penampilan musik

Pessel, sumbarsatu.com--Festival Pesona Mandeh dibuka Kamis (25/10/2018) di TPI Cerocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Festival tersebut menampilkan berbagai atraksi mulai dari seni tradisi rakyat, festival kuliner, clief jumping, lomba foto, dan penampilan musik. 

Pada festival ini dibuka langsung oleh Gubenur Sumbar yang diwakili oleh Staf ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Mulyadi.

Turut hadir, Wakil Bupati Pessel Rusmayul Anwar, Kapolrea Pessel, AKBP Fery Herlambang, Dandim 0311 Pessel, Wahyu Arkhadi, Kepala OPD, wali nagari dan tokoh masyarakat.

Gubernur Sumbar mengapresiasi yang dilakukan Bupati Pessel beserta jajarannya dalam kegiatan Festival Mandeh yang kedua kalinya. 

Pertumbuhan pariwisata telah membawa dampak positif dan telah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan Pelaksanaan Festival Pesona Mandeh ini dinilai sebagai bentuk promosi yang akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan . "Dengan Festival Mandeh ini dapat menyerap bagi para wisatawan yang berkunjung serta menjadi magnet dan semakin dikenal di tingkat Nasional maupun internasional," ujar Mulyadi.

Pihaknya meyakini, dengan iven  ini mampu menjadi kawasan Mandeh semakin dikenal luas dan juga mampu mengangkat potensi daerah. 

“Bahwasanya, iven ini mampu mendokrak kunjungan wisatawan dan para investor bisa menanamkan investasinya ke Pessel sebab akan menguntungkan bagi investor dan daerah,” ucapnya. 

"Dan saya mengimbau para perantau Pessel agar ikut berinvestasi, sehingga menjadi magnet bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pessel Sumbar," ajaknya. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar mengatakan, tujuan pelaksnaaan Festival Pesona Mandeh ini agar pesona keindahan Kawasan Mandeh semakin dikenal luas. Sebab pada kegiatan ini banyak iven yang akan digelar.

"Dengan kegiatan festival ini mampu menambah kunjungan wisatawan ke Kawasan Mandeh. Jika kunjungan wisatawan meningkat maka akan banyak dampak yang bisa dirasakan oleh masyarakat," ujarnya. 

Rusma, mengapresiasi kegiatan ini bisa digelar di Kawasan Mandeh, sebab pelaksanaan Festival Pesona Mandeh akan mampu membawa dampak positif. Dan kedepannya festival ini menjadi iven yang bergengsi.

Dalam kegiatan ini, masing masing nagari mengutus sanggar-sangar seni untuk tampil pada kegiatan kesenian kreasi yang inovatif. 

Begitu juga kelompok kulinernya masing masing nagari akan mengutus ekowisata kuliner nagari untuk bisa menampilkan makanan khas nagari dengan tujuan ke depan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

 "Akan banyak lagi kegiatan yang bisa menghibur bagi pengunjung seperti hiburan yang  akan tampil  menemani wisatawan ketiga mengujungi festival yang berlangsung selama kegiatan," tutupnya. (MIN)

BACA JUGA