Sabtu, 20/10/2018 19:35 WIB

Murid SD Negeri 21 Taluak Antusias Ikuti Sosialisasi Bencana

Ratusan Muid SDN 21 Taluak  IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, antusias mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Simulasi Gempa Bumi, Sabtu (20/10/2018), yang dilaksanakan Tim BPBD Agam.

Ratusan Muid SDN 21 Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, antusias mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Simulasi Gempa Bumi, Sabtu (20/10/2018), yang dilaksanakan Tim BPBD Agam.

Taluak IV Suku, sumbarsatu.com- Ratusan Muid SDN 21 Taluak  IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, antusias mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Simulasi Gempa Bumi, Sabtu (20/10/2018), yang dilaksanakan Tim BPBD Agam.

Kalak BPBD  Agam, diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Yunaidi.S, M.Pd mengaku bangga dan senang memberikan latihan simulasi gempa bumi terhadap murid SD tersebut, karena para murid dan para pendidik begitu antusias dan serius mengikutinya. Mungkin karena Nagari Taluak juga sering merasakan guncangan gempa bumi.

Kepada 24 orang pendidik dan 224 murid SD 21 Taluak IV Suku, diingatkan agar selalu siaga dan siaga, karena dalam moto kesiapsiagaan di Agam itu adalah #AwakSiap AwakSalamaik.

Menurutnya, kegiatan yang sama akan dilakukan pada sejumlah, terutama di kawasan yang sering terjadi bencana.

Hal ini kita sikapi karena ada himbauan dan edaran Gubernur Sumbar, tentang perlunya kesiapsiagaan dengan memperhatikan beberapa alat sarana dan prasarana kebencanaan. Memperhatikan jalur evakuasi yang sudah disepakati sebelumnya. Melakukan koordinasi dengan sekokah dan masyarakat, tentang perlunya latihan simulasi kebencanaan sesuai situasi daerah.

Menurut  Kepala SDN 21 Taluak IV Suku Hj. Hafrina Oktavienny, S.Pd,  kegiatan itu makin menarik, karena materi sosialisasi dan simulasi gempa bumi juga ditambah dengan pengetahuan erupsi letusan gunung api. Para murid dan guru akan menyampaikan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan itu, kepada keluarga dan masyarakat sekitar.    

Ia menyebutkan, kegiatan seperti itu baru pertama kali diadakan di sekolah yang dipimpinnya. (MSM)

 

BACA JUGA