Jum'at, 19/10/2018 22:22 WIB

Anggota KSB Nagari Taluak IV Dilatih Dasar Mitigasi Bencana

-

-

Banuhampu, sumbarsatu.com- Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Agam mendapat pelatihan dasar penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran, Jum'at (19/10/2018), di kantor Wali Nagari.

Pelatihan dibuka Wali Nagari Taluak IV Suku, M. Risman tersebut diikuti 35 peserta.

Dalam sambutannnya ketika membuka pelatihan itu, Risman menyebutkan, Pembekalan tentang penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran sangat diperlukan. Karena itu sangat perlu anggota KSB dibekali dengan keterampilan penyelamatan dan pemberian bantuan, saat penanggulangan bencana.

Sedangkan Kabid Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi.S, M.Pd saat memberikan sosialisasi dan pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Nagari Taluak IV Suku Banuhampu, menyampaikan kalau pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran perlu dijadikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga, dan komunitas.     

“Bila terjadi bencana, kesiapan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain,”ujarnya mengingatkan.

Karena itu kesiapsiagaan diri sendiri sangat penting dalam penanggulangan bencana.

Pendidikan dan pelatihan tanggap bencana bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan sejak dini terhadap pengurus KSB dan warga masyarakat, serta dapat membantu orang lain saat terjadi bencana. Kesiapan diri dalam kewaspadaan dan menghadapi bencana sangat diperlukan.

Diingatkan, bila terjadi bencana diharapkan Parik Paga Nagari dan anggota Linmas, serta anggota KSB, diharapkan lebih awal melaksanakan penanganan di lokasi kejadian. Selain itu juga memberikan perlindungan serta penyelamatan saat bencana dan tanggap darurat. (MSM)

 

BACA JUGA