Selasa, 16/10/2018 22:23 WIB

KSB Kamang Mudiak Mendapat Pembekalan Penanggulangan Bencana

=

=

Kamek, sumbarsatu.com- Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek. Agam, mendapat pembekalan ilmu dan keterampilan penanggulangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, sekaligus sosialisasi teknis penanggulangan bencana.

Pembekalan itu dibuka Wali Nagari Kamang Mudiak, Ahmad Latif. S.Sos.I, Rabu (16/10/2018) di Kamang Mudiak.

Wali Nagari menyambut baik kehadiran Tim BPBD memberikan pembekalan kepada relawan penanggulangan bencana yang ada di Nagari Kamang Mudiak. Pembekalan bagi tenaga relawan penanggulangan bencana sangat diperlukan, yang nanti digunakan pada saat bencana.

Menurut Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD Agam, Yunaidi.S, M.Pd, saat memberikan sosialisasi dan pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Mudiak, mengingatkan kesiapsiagaan diri sendiri itu sangat penting. Melalui pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana dijadikan sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga, dan komunitas.

Bila bencana terjadi, kesiapan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain, yaitu hampir 35 persen merupakan kesiapan diri sendiri. Sedangkan bantuan keluarga 31,9 persen, bantuan tetangga 28,1 persen. Bantuan dari orang lewat 2,6 persen. Sedangkan dari SAR 1,70 persen,  dan bantuan pihak lainnya 0,90 persen.

“Karena itu kesiapsiagaan diri sendiri sangat penting dalam penanggulangan bencana,” ujarnya menegaskan.    

Sosialisasi dimaksud bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan sejak dini terhadap pengurus dan warga masyarakat, tentang kesiapsiagaan diri, dan untuk membantu orang lain saat terjadi bencana. Kesiapan diri dalam kewaspadaan dan menghadapi bencana sangat diperlukan.

Pelatihan bagi pengurus dan anggota KSB Kamang Mudiak, dengan materi Penanggulangan Bencana dan Apa Itu Relawan Bencana, termasuk syarat-syarat menjadi relawan bencana, serta melakukan praktek lapangan penanganan bencana.

Bila terjadi bencana. diharapkan parik paga, dan anggota linmas serta anggota KSB lebih awal melaksanakan penanganan di lokasi kejadian. Selain itu juga memberikan perlindungan serta penyelamatan saat bencana dan tanggap darurat. (MSM) 

BACA JUGA