Tangkal Hoaks, AJI dan Google Latih 25 Jurnalis di Sumbar

-

Senin, 08/10/2018 09:03 WIB
Hendra Makmur, trainer dalam 'Google News Initiative Network' yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Google dan Internews di Hotel Pangeran Beach Padang (Foto MomenRancak)

Hendra Makmur, trainer dalam 'Google News Initiative Network' yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Google dan Internews di Hotel Pangeran Beach Padang (Foto MomenRancak)

Padang, sumbarsatu.com—Sebanyak 25 jurnalis di Sumatra Barat berlatih menggunakan berbagai tools untuk memerifikasi informasi hoaks yang banyak beredar di internet. Pelatihan digelar selama dua hari pada Sabtu dan Minggu (6-7 Oktober 2018) di Padang. 

Pelatihan bertajuk 'Google News Initiative Network' yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Google dan Internews di Hotel Pangeran Beach Padang itu merupakan rangkaian kegiatan serupa di 30 kota di seluruh Indonesia selama 2018. 

Sehari sebelum pelatihan untuk jurnalis, juga digelar 'Workshop Hoax Busting and Digital Hygiene' untuk mahasiswa, aktivis dan kalangan masyarakat sipil di Universitas Negeri Padang (UNP) pada Jumat (5/10).

"Di tengah arus informasi yang begitu deras di media sosial hari ini, para jurnalis bisa menggunakan berbagai tools di internet sebagai alat verifikasi untuk kepentingan karya jurnalistik," kata Ketua AJI Padang Andri El Faruqi.

Bersama trainer Ocha Mariadi dan Hendra Makmur, para jurnalis berdiskusi dan berlatih bersama mengenal misinformasi dan disinformasi, memverifikasi berbagai konten di internet, audit sosial, verifikasi lokasi dan waktu serta bagaimana keselamatan dan keamanan di dunia digital.

"Selain pelatihan untuk jurnalis dan masyarakat di 30 kota, kegiatan ini juga sudah dilaksanakan di beberapa kantor redaksi media di Jakarta dan beberapa kota lainnya," kata Geril Dwira, Program Officer AJI Indonesia.

Dalam keterangan resminya, Google merilis telah melatih lebih dari 250 ribu jurnalis secara daring maupun tatap muka di seluruh dunia. Di Indonesia melalui Program 'Google News Lab Training Network' bersama AJI dan Internews ditargetkan melatih 1.000 jurnalis selama 2018.

Di tengah dunia yang dibanjiri informasi, menurut Google, jurnalisme data adalah kunci untuk menyaring kejelasan dari kekacauan. Jurnalisme data adalah tantangan bagi reporter tanpa latar belakang di bidang data, sehingga Google memperluas News Lab University Network, suatu jaringan sekolah jurnalisme untuk mengembangkan dan berbagi best practices dan pendekatan-pendekatan baru untuk pendidikan jurnalisme. (SSC/Rel)

 

BACA JUGA