Hujan Lebat, Longsor Hantam Malalak

-

Selasa, 25/09/2018 22:09 WIB
Longsor hantam Malalak

Longsor hantam Malalak

Malalak, sumbarsatu.com-Intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini di Kabupaten Agam, menyebabkan longsor pada beberapa kawasan, termasuk di Kecamatan Malalak.

Setidaknya 4 titik longsor terjadi di ruas jalan Cimpago Hulu Banda, Jorong Jalan Bantiang Selatan, Nagari Malalak Barat, Kecamatan Malalak, Senin (24/9/2018).

Menurut informasi dari Pusdalop BPBD Agam, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.45. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Pada titik pertama, material longsor menutupi ruas jalan sekitar 7 meter dengan ketinggian 10 meter. Titik kedua, material longsor menutupi ruas jalan sekitar 9 meter dengan ketinggian 12 meter.

Titik ketiga material longsor menutupi ruas jalan lebih kurang 20 meter dengan ketinggian dua meter. Pada titik ke-4 material longsor menutupi sebagian badan jalan, dengan ketinggian berkisar 1,5 meter, tetapi masih bisa dilewati kendaraan roda dua.

Menurut Staf Pusdalop BPBD Agam, Lukman Syahputra, ruas jalan yang tertimbun  material longsor itu sampai saat ini masih belum bisa dilewati. Upaya perbaikan terkendala hujan.

“Kalau dibersihkan sekarang, takutnya nanti terjadi longsor susulan, sehingga dapat membahayakan keselamatan pekerja,” ujarnya.

Kalaksa BPBD Agam, M. Luhtfi. AR, SH, M.Si menyebutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Agam, untuk melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat, bersama pihak kecamatan dan nagari.

“Pembersihan kita lakukan besok, karena wilayah itu masih hujan, apalagi kondisi tanahnya masih labil ditakutkan nanti terjadi longsor susulan,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati karena cuaca ekstrim melanda wilayah Kabupaten Agam, terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah yang rawan.

“Kita berharap peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa, sehingga diminta kewaspadaan masyarakat menyikapi kondisi berkembang dewasa ini,” ujarnya mengingatkan. (MSM)
 

BACA JUGA