KONI Pessel Tolak Rozi Marzeki sebagai Plt Ketua Umum

-

Jum'at, 21/09/2018 17:00 WIB
Jumpa pers

Jumpa pers

Painan, sumbarsatu.com—Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menolak hasil rapat pleno yang digelar pemerintah daerah terkait penunjukan pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum KONI Pesisir Selatan.

Dalam hal ini, Ketua Umum KONI Pesisir Selatan, Zul Akhiar mengatakan, Kamis 20 September 2018 juga telah menetapkan Wakil Ketua Umum I, Gestrojoni sebagai Plt Ketua Umum. 

"Ya, benar. Penetepannya melalui rapat pleno KONI sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART)," ungkapnya kepada wartawan saat jumpa pers di Painan, Jumat (21/9/2018).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, KONI Sumatera Barat dan sejumlah pengurus KONI Pessel menggelar rapat pleno. Rapat dipimpin Sekretaris Daerah, Erizon. Hadiri Ketua Umum KONI Sumatera Barat, Syaiful. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Mawardi Roska.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Dailipal. Wakil Kepala Kepolisian Resor Pesisir Selatan, Kompol. Taufik Isra.

Dalam rapat, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menunjuk Rozi Marzeki, sebagai Plt Ketua Umum. Padahal, lanjut Zul Akhiar, yang berhak menunjuk plt adalah ketua umum.

Artinya, penunjukan tersebut dapat dikatakan cacat hukum dan secara sah melanggar aturan. Sebab, mekanisme penunjukan Plt telah diatur dalam pasal 28 dan 29 AD/ART KONI.

Pada pasal 28 ayat 3 disebutkan, apabila ketua umun berhalangan tetap, maka melalui ralat pleno pengurus diusulkan menunjuk pelaksana tugas Ketua Umum KONI dari unsur wakil pimpinan umum sampai terlaksananya musyawarah olahraha luar biasa.

Kemudian pada pasal 29 ayat 1, ketu umum karena satu dan lain hal dapat meunjuk pejabat pelaksana tugas kepada unsur wakil pimpinan umum.

"Jadi jelas. Sedangkan Rozi hanya ketua bidang. Ini sudah tidak benar. Saya khawatir ini nantinya bisa dilakukan pada kabupaten/kota yang lain," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Plt Ketua Umum, Gestrojoni menyampaikan pengurus KONI tetap akan berjuang untun Pesisir Selatan untuk menghadapi Porprov 2018 di Kabupaten Padang Pariaman November mendatang.

Saat ini, ia bersama pengurus lainnya telah menyiapkan cabang-cabang olahraga yang akan dikirim untuk perhelatan olahraga dua tahunan itu.

Bahkan, telah ada sejumlah cabang olahraga yang telah menyatakan kesiapannya.

"Dalam waktu dekat akan kami kirimkan," tutupnya. (MIN) 

BACA JUGA