Malam Penganugerahan sebagai Penutupan Surfival 2018

7 FILM LOLOS KURATORIAL

Sabtu, 08/09/2018 23:16 WIB
Pengumuman pemenang kategori-kategori tersebut dilaksanakan pada Malam Penganugerahaan yang dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2018, bertempat di Gedung Yamaha Lantai 3, Jalan Damar Padang pada pukul 20.00.

Pengumuman pemenang kategori-kategori tersebut dilaksanakan pada Malam Penganugerahaan yang dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2018, bertempat di Gedung Yamaha Lantai 3, Jalan Damar Padang pada pukul 20.00.

Padang, sumbarsatu.com—Sebanyak 7 film lolos sebagai nominasi dalam kompetisi film Sumbar Film Festival (Surfival) 2018. Untuk film kategori umum, terdapat 4 film yang lolos kuratorial yaitu Sangketo Pusako, Tahalang Sumpah, Tunduak Padi dan Panjago Kampuang. Sedangkan untuk kategori pelajar terdapat 3 film yang lolos kuratorial, yaitu Mananti, Palarai Dandam dan Tongga Babeliang.

Ketujuh film tersebut akan diseleksi kembali untuk memenangkan beberapa subkategori penjurian, yaitu kategori film terbaik, ide cerita terbaik dan film pilihan juri tingkat pelajar maupun umum. 

Pengumuman pemenang kategori-kategori tersebut dilaksanakan pada Malam Penganugerahan yang dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2018, bertempat di Gedung Yamaha Lantai 3, Jalan Damar Padang pada pukul 20.00.

Surfival sebagai festival film yang diproyeksikan sebagai salah satu promotor pariwisata seperti yang disampaikan oleh Derliarti, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Sumatera Barat pada saat konferensi pers yang dilaksanakan pada tempat yang sama.

“Kita berharap lewat film akan membuat orang tertarik untuk datang ke Sumbar. Berbagai promosi yang kita tawarkan, tetapi lewat film promosi ini akan efektif, karena dilihat dengan kasat mata dan langsung tertuju kepada destinasi, nilai-nilai budaya kebudayaan kita yang indah d sumbar. Ini yang kita eksplor,” kata Derliarti.

Malam Penganugerahan yang dibuka oleh Ketua Komisi V DPRD Sumatera Barat, Hidayat S.S mengatakan, film merupakan sektor yang mampu mengembangkan ekonomi kreatif.

“Kita berharap Surfival pada tahun selanjutnya akan semakin idealis dan lebih berkualitas. Dan juga, harapan kita dengan Surfival sineas Sumbar mampu bersaing dikancah nasional dan internasional,” ujar Hidayat.

Poin pokok Malam Penganugerahan Surfival yang merupakan momentum untuk mengumumkan pemenang dari puluhan film yang masuk sebagai kompetitor dalam Surfival 2018, film-film yang memenuhi standar penjurian dan terpilih sebagai pemenang kategori umum yaitu pemenang film pilihan juri adalah Sangketo Pusako, ide cerita terbaik adalah Panjago Kampuang serta film terbaik adalah Tunduak Padi

Untuk pemenang film kategori pelajar, yaitu pemenang film pilihan juri adalah Tongga Babeliang, ide cerita terbaik adalah Palarai Dandam dan film terbaik adalah Mananti. (SSC/Rel)

BACA JUGA