Semangat Anak-anak Korong Kasai Berkesenian

PROGRAM KE RUMAH NAN TUMPAH #3

Jum'at, 07/09/2018 11:13 WIB
Semangat anak-anak Korong Kasai berkesenian mengkuti program Ke Rumah Nan Tumpah

Semangat anak-anak Korong Kasai berkesenian mengkuti program Ke Rumah Nan Tumpah

Kasai, sumbarsatu.com—Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) sukses menggelar salah satu program jangka panjangnya yaitu Ke Rumah Nan Tumpah. Dalam edisi yang ke-3 ini. KSNT menjalin kerja sama dengan Komunitas Ladang Rupa, Metasinema, dan juga Nan Tumpah Muda (SMA N 7 Padang).

Program Ke Rumah Nan Tumpah ini digelar pertama kali pada 2017 lalu. Kemudian dalam edisi Ke Rumah Nan Tumpah kali ini, KSNT mencoba memfokuskan kegiatan pada anak-anak Korong Kasai.

Pemimpin KSNT Yunisa Dwiranda mengatakan, kegiatan kali ini difokuskan pada anak-anak Korong Kasai dengan alasan antusiasnya mereka melihat setiap latihan KSNT di lapangan markas KSNT.

“Melihat antusias tersebut, kami kemudian menyusun rencana untuk memfokuskannya pada anak-anak Korong Kasai,” kata Yunisa Dwiranda, Jumat (7/8/2018). 

“Karena bersemangatnya, jadwal acara dipercepat dari rencana semula. Anak-anak yang ingin ikut menggambar telah berkumpul di Rumah Nan Tumpah sejak pukul 15.30. Mereka begitu ingin kegiatan ini segera dilangsungkan. Maka  kami putuskan mempercepatnya,” kata cewek yang dipanggil Ica ini.

Target peserta ternyata di luar dugaan. KSNT cukup kewalahan menyambut antusiasme mereka. Tapi ini menjadi motivasi agar lebih banyak lagi menghadirkan kegiatan yang melibatkan mereka secara langsung seperti ini.

Sementara itu, Fajry Chaniago, Ketua Panitia Ke Rumah Nan Tumpah #3 mengatakan, kegiatan pertama, dimulai pukul 16.00 dan berakhir  pukul 18.00 mereka menggambar dan mewarnai.

“Hasilnya, gambar-gambar yang mereka hasilkan begitu menarik dan juga unik. Salah satu contohnya yaitu gambar sebuah bus dengan tulisan “Astagfirullah”. Kemudian pada saat mewarnai, mereka juga mengeluarkan kreatifitas mereka masing-masing. Mereka menggambar dan mewarnai tanpa adanya beban. Mereka terlihat begitu menikmati kegiatan tersebut,” kata Fajri.

Ia sebutkan, kegiatan Ke Rumah Nan Tumpah ini digelar pada Jumat (31/8/2018) lalu di Sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah yang beralamat di Perum Bumi Kasai Permai, Jalan Kalimantan Dalam Blok AA No. 31, Korong Kasai, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman..

Setelah menggambar, kegiatan dilanjutkan kembali dengan penampilan dari Nan Tumpah Muda (SMA N 7 Padang). Anak-anak Korong Kasai dimanjakan dengan dua buah lagu yang dibawakan Nan Tumpah Muda (SMA N 7 Padang) dan ditutup dengan pemutaran dua buah film yang dibawa Metasinema. Dua buah film ini berjudul “Mars” yang bercerita tentang perjalanan anak-anak sekolah ke planet Mars. Salah seorang anak itu melanggar pantangan di daerah tersebut dan diculik oleh makhluk luar angkasa. Film berikutnya berjudul “Amarta (Gadis dan Air)”. Film Amarta bercerita tentang perjuangan seorang gadis perempuan untuk menyelamatkan desanya dari kekurangan air. Setelah selesai pemutaran film, agenda lainnya adalah pemberian penghargaan kepada pemenang terbaik menggambar.

Selain antusiasme dari anak-anak Korong Kasai dalam melakukan kegiatan berkesenian, tampak pula antusiasme dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang menggelar tikar di depan rumahnya sambil menonton kegiatan dengan ceria melihat tingkah laku anak-anak Korong Kasai.

"Harapan dari KSNT untuk ke depannya adalah suasana keceriaan dalam kegiatan tetap terbangun dan lebih baik lagi. Apresiasi yang tinggi dari masyarakat Kasai akan terus dijaga. Untuk selanjutnya, Ke Rumah Nan Tumpah #4 akan dilaksanakan pada bulan Desember," tutup Fajry. [SSC/Rel]

BACA JUGA