165 Film Sudah Mendaftar dalam Andalas Festival Film 2018

-

Selasa, 04/09/2018 07:03 WIB
-

-

Padang, sumbarsatu.com—Sebanyak 165 judul film yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia telah terdaftar dalam Andalas Film Festival (Affest) 2018. Festival film yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Metasinema, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Andalas (Unand) ini, telah melakukan open submission sejak tanggal 8 Juli-31 Agustus 2018.

Direktur Festival Affest Mahareta Iqbal Jamal mengatakan, animo sineas-sineas di Indonesia tahun ini begitu antusias mengikuti  festival film ini, terbukti dari jumlah film yang terdaftar meningkat dari tahun sebelumnya.

“Film yang terdaftar lebih banyak sekarang dibanding iven sebelumnya karena animonya itu sudah menggaung se-Indonesia. Perhatian sineas-sineas di Indonesia terhadap festival film yang Metasinema adakan cukup besar. Respons yang kami terima lewat sosial media terhadap penyelenggaraan ini membuat kami tambah semangat untuk memberikan energi positif Affest kepada pihak-pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan ini,” ujar Mahareta Iqbal Jamal, Selasa (4/9/2018) di Padang.

Kehadiran Affest, kata Iqbal, diharapkan mampu menjadi salah satu wadah untuk mengapresiasi sekaligus ruang untuk hadirnya dialektika-dialektika terhadap karya-karya sineas Indonesia umumnya, Sumatera Barat khususnya. Sehingga, bermunculanlah banyak gagasan dan ide yang dikemas beragam lewat medium film.

Lanjutnya, seluruh  film yang terdaftar nantinya akan dikurasi oleh kurator yang telah ditentukan oleh panitia Affest. Film yang terpilih akan diputar pada rangkaian acara Affest yang digelar pada Oktober mendatang. Selanjutnya, film yang masuk nominasi akan dipresentasikan oleh masing-masing kurator pada saat acara nanti.

Terkait konsep acara, Direktur Artistik Affest, Adi Osman mengatakan rangkaian acara Affest terdiri dari pemutaran film yang terpilih, diskusi kuratorial film yang lulus kurasi, simposium nasional, dan malam anugerah

“Konsepnya sama dengan festival tahun lalu (red: Andalas Film Exhibition), bedanya cuma tempat, sekarang di FIB saja, dan Affest kali ini tidak ada workshop untuk pelajar,” ujarnya. (SSC/Rel)

Laporan Juni Fitra Yenti

BACA JUGA