Bupati Agam: Perputaran Uang pada Iduladha Capai Rp81 Miliar

-

Rabu, 22/08/2018 14:14 WIB
Diperkirakan perputaran uang selama Iduladha 1439 H di Agam mencapai Rp81 miliar.

Diperkirakan perputaran uang selama Iduladha 1439 H di Agam mencapai Rp81 miliar.

Agam, sumbarsatu.com- Diperkirakan perputaran uang selama Iduladha 1439 H di Agam mencapai Rp81 miliar.

"Itu baru dari transaksi penjualan hewan kurban," ungkap Bupati Agam, H. Indra Cari Dt. Malako Nan Putiah, Rabu (22/8/2018), menjelang pemotongan hewan kurbannya, di pekarangan Masjid Agung Nurul Fallah Padang Baru Lubuk Basung.

Menurutnya, perputaran uang tersebut berasal dari harga hewan kurban yang akan dipotong saat Iduladha sekitar 5.294 ekor. Hewan kurban itu terdiri dari 5.006 ekor sapi, dan 288 ekor kambing.

Estimasi harga sapi kurban di pasaran berkisar Rp16 juta sampai Rp18 juta per- ekor, dan harga kambing sekitar Rp2 juta sampai Rp2,5 juta per- ekor.

“Dengan adanya peningkatan jumlah hewan kurban ini, menunjukkan kesalehan sosial, dan ekonomi masyarakat Agam semakin baik,” ujarnya menjelaskan.

Secara terpisah, Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswandi menjelaskan, hewan kurban yang akan dipotong diwajibkan memiliki Surat Keterangan Status Reproduksi (SKSR), Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), serta surat keterangan kepemilikan dari wali nagari. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan hewan kurban.

Ia menjelaskan SKSR ini bertujuan untuk mengetahui sapi betina yang dijual itu tidak produktif. Hal itu terkait dengan larangan pemerintah memotong sapi betina produktif, agar populasi ternak terus meningkat setiap tahun.

SKKH diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan tersebut dari berbagai penyakit menular seperti, antraks, jembrana, cacing hati, dan lainnya.

“Kedua surat ini di terbitkan oleh UPT Kesehatan Hewan setelah sapi tersebut diperiksa,” ujarnya.

Sedangkan untuk surat keterangan kepemilikan yang dikeluarkan wali nagari, sangat berguna agar jual beli ternak tersebut tidak dipermasalahkan pihak lain atau ternak yang dibeli itu hasil curian. (MSM)


Pemotongan sapi kurban

BACA JUGA