Jelang Hari Raya Idul Adha, 10 Ribu Ekor Ikan Dipanen di Telabang Sakti

DIBUKA BUPATI SIJUNJUNG

Minggu, 19/08/2018 22:50 WIB
Kendati hujan mengguyur, masyarakat ranah Nagari Kunangan Parit Rantang,  Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung, tetap antusias mengikuti tradisi panen raya ikan larangan di Wahana Wisata Telabang Sakti, sebuah objek wisata, Minggu (19/8/2018).

Kendati hujan mengguyur, masyarakat ranah Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung, tetap antusias mengikuti tradisi panen raya ikan larangan di Wahana Wisata Telabang Sakti, sebuah objek wisata, Minggu (19/8/2018).

Sijunjung, sumbarsatu.com--Kendati hujan mengguyur, masyarakat ranah Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung, tetap antusias mengikuti tradisi panen raya ikan larangan di Wahana Wisata Telabang Sakti, sebuah objek wisata, Minggu (19/8/2018).

Jauh hari jelang hari "H", warga tampak telah menyiapkan tangguk untuk menangkap ikan dalam puncak acara panen raya ini.

Lokasi penangkapan ikan yang disebut Wana Wisata Telabang Sakti ini berada di kediaman Datuak Abu, yang juga sekaligus Wali Nagari Kunangan Parit Rantang. Warga sejak pagi sudah berkumpul di lokasi ini.

Datuak Abu, begitu ia biasa dipanggil warga, mengadakan panen raya ini untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Selain itu, juga bertepatan dengan baru saja diadakan acara 17-an.

Tradisi panen ikan ini dibuka Bupati Sijunjung Yuswir Arifin bersama dengan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.Saat kedua bupati ini tiba di lokasi, hujan reda seketika sehingga kegiatan makin ramai dihadiri masyarakat.

Dengan aba-aba hitungan mundur yang dipimpin Bupati Yuswir Arifin, masyarakat langsung terjun menyeburkan diri dalam kolam. Masyarakat yang berasal dari beragam suku di Indonesia ini (Minang, Jawa, Sunda, Batak, dan lainnya) terlihat bersemangat menangkap ikan.

Tak sampai satu menit, ikan bawal berukuran besar berhasil ditangkap dan dipamerkan di hadapan kedua orang nomor satu tersebut. Masyarakat yang ada di sekitar Wana Wisata Telabang Sakti pun tak ketinggalan bersorak-sorai. Terlebih, saat beberapa warga berhasil menangkap ikan-ikan besar. Diiringi dengan lagu dangdut, suasana kolam pun semakin meriah dan ramai.

“Panen ikan ini untuk menyambut Hari Raya Idul Adha dan Kemerdekaan RI. Ini ajang silaturahim anak nagari. Biasanya ini ramai saat balimau jelang puasa. Tradisi ini juga bisa dikatakan berbagi rezeki," kata Datuak Abu pemilik kolam ikan kepada Viola Widiantoro atau akrab disapa Nanda, koresponden sumbarsatu di Dharmasraya, Minggu (19/8/2018).

Datuak Abu juga mengatakan, awalnya Bupati Kuantan Singing, Riau, Mursini rencananya hadir namun berhalangan. "Bupati Mursini rencana awal sudah oke hadir tapi ada sesuatu yang tak bisa ditinggal makanya tak hadir di sini," kata Datuak Abu.

Menurutnya, lebih kurang sepuluh ribuan ekor ikan dengan beragam jenis ada dalam kolam itu.

"Kita panen ikan ini sekali dalam lima tahun," jelas Datuak Abu lagi

Yanto (38), salah seorang anak nagari bersuku Jawa yang ikut terjun menangkap ikan di kolam larangan itu mengaku sangat senang dengan kegiatan ini karena bisa menjalin silaturahim sesama warga Nagari Kunangan Parit Rantang.

Wahana Telabang Sakti merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sijunjung yang cukup favorit. Telabang Sakti berupa kolam pemandian dengan beragam permainan di dalamnya.

Tempat ini sengaja direkayasa secara alamiah oleh pemiliknya sehingga kini pemandian Telabang Sakti banyak diminati pengunjung. Di tambah lagi di sekitar pemandian terdapat lokasi outbond yang berbatasan langsung ke arah hutan. (SSC)

Reporter Viola Widiantoro

 

 

BACA JUGA