Selasa, 07/08/2018 20:58 WIB

Kecamatan Tanjung Raya Bersiap Ramaikan HUT ke-73 Kemerdekaan RI

Panjjek batang pinang bagomok salah satu kegiatan perayaan 17 Agustus

Panjjek batang pinang bagomok salah satu kegiatan perayaan 17 Agustus

Maninjau, sumbarsatu.com- Pihak Kecamatan Tanjung Raya, Agam, bersama nagari di kecamatan itu bersiap mengadakan kegiatan guna memeriahkan peringatan HUT ke-73 RI, 17 Agustus 2018.

Hal itu dikatakan Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Selasa (7/8/2018).

Menurutnya, upacara bendera 17 Agustur dilaksanakan di lapangan SMPN 1 Tanjung Raya.

Yang sangat menggembirakan, masing masing nagari begitu bersemangat menyambut, dan memeriahkan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, dengan melakukan berbagai persiapan. Mulai dari kegiatan bersih-bersih kampung, hingga pemasangan bendera, dan umbul-umbul.

Setiap nagari juga telah melakukan persiapan berbagai lomba, penampilan seni budaya, dan permainan tempo dulu.

Lomba “panjek batang pinang bagomok” merupakan kegiatan anak nagari setiap menyambut dan memeriahkan 17 Agustus. Karena kegiatan itu sangat diminati anak-nagari, biaya pelaksanaannya tidak begitu mahal, bila dibandingkan dengan kemeriahannya.

“Setidaknya, tahun ini sekitar 120 batang pinang tidak produktif ditebang untuk dijadikan permainan anak nagari tersebut,” ujarnya.

Penampilan kesenian tradisi, seperti tambua tansa, tari piring di atas pecahan kaca, randai, saluang, dan sejenisnya, diyakini mampu menyemarakkan peringatan HUT-RI tahun ini.

“Di kecamatan ini banyak berkembang Kesenian tradisional, yang telah dikenal sampai ke tingkat nasional,” ujarnya pula. (MSM)

BACA JUGA