Lisda Hendrajoni Tinjau Persiapan SDN 21 Ikut Lomba UKS Tingkat Sumbar

---

Senin, 06/08/2018 07:16 WIB
--

--

Pessel, sumbarsatu.com--Ketua TP-PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, melakukan peninjauan persiapan SDN 21 Limau Sundai Kecamatan Batang Kapas baru-baru ini.

Peninjauan tersebut, guna memastikan kesiapan SD Negeri 21 Limau Sundai, yang menjadi wakil Pesisir Selatan dalam lomba Sekolah Sehat (UKS) di Provinsi Sumatera Barat, untuk tingkat Sekolah Dasar.

"Kita ingin memastikan persiapan yang dilakukan sekolah untuk menghadapi perlombaan, karena SDN 21 Limau Sunda ini jadi wakil Pesisir Selatan untuk Lomba Sekolah Sehat Tingat Provinsi," kata Lisda Kepada sumbarsatu.com, Minggu (5/8/2018).

Salah satu yang menjadi fokus dalam peninjaun tersebut, yakni penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada para siswa dan guru di Sekolah.

Selaku Ketua TP-PKK Pesisir Selatan, Lisda menyatakan sejumlah sekolah di Pesisir Selatan, sudah menerapkan program GERMAS di sekolah.

Hal tersebut dimulai dengan aktifitas fisik jelang belajar, pola makan sayur dan buah di kantin sekolah, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah seperti Toilet dan ruangan belajar.

"Kita sudah mulai terapkan di sejumlah sekolah. Kita berharap seluruh sekolah di Pessel dapat menerapkan Germas untuk kedepannya," ujar Lisda.

Untuk Persiapan perlombaan sekolah sehat, Pihak SDN 21 Limau Sundai juga telah mempersiapkan berbagai macam kebutuhan di antaranya Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di lingkungan Sekolah, tempat sampah organik dan nonorganik, serta berbagai himbauan untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

"Kita juga sangat berharap, SDN 21 Limau Sundai dapat menjadi juara tingkat Provinsi, sehingga dapat mewakili Sumatera barat untuk tingkat nasional," harap istri Bupati Pesisir Selatan tersebut.

Sementara itu, terpisah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, melalui sekretarisnya Suhendri menyatakan, Pesisir Selatan diwakili oleh 3 sekolah berdasarkan tingkatan untuk Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Ada 3 Sekolah yang menjadi wakil Pesisir Selatan pada Lomba Sekolah Tingkat Provinsi, yakni SDN 21 Limau Sundai Batang Kapas (Tingkat SD/Mis), MTSN 4 Pesisir Selatan (Tingkat SMP/Mts), SMA Negeri 2 Bayang (Tingkat SMA/Man). Ujar Suhendri. (MIN)

BACA JUGA