Din Syamsuddin Bantah Akan Datang ke Sumbar

TERKAIT ISLAM NUSANTARA YANG DITOLAK MUI SUMBAR

Rabu, 01/08/2018 18:24 WIB
Din Syamsuddin beri sambutan dalam kegiatan Gebu Minang beberapa waktu lalu

Din Syamsuddin beri sambutan dalam kegiatan Gebu Minang beberapa waktu lalu

Jakarta, sumbarsatu.com--Prof Din Syamsuddin,  Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan, bahwa ia tidak memiliki agenda ke Sumatera Barat (Sumbar) dalam waktu dekat.

Utusan Khusus Presiden (UKP) Joko Widodo (Jokowi) menegaskan terkait beredarnya pesan berantai (broadcast) di media sosial termasuk WhatsApp yang menyebut Din selaku UKP untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban diutus ke Sumbar, menyusul polemik istilah “Islam Nusantara” yang kembali ramai diperdebatkan. Konsep Islam Nusantara mendapat penolakan dari MUI Sumbar, dan MUI Kabupaten-Kota se-Sumatera Barat.

BACA: Penjelasan Terkait Islam Nusantara, Etika Kerukunan Internal Umat Islam

"Tidak ada yang mengutusnya ke Sumbar. Bahwa saya diutus ke Sumbar adalah fitnah yang keji dan lebih kejam dari pembunuhan. Saya tidak diutus dan tidak akan diutus oleh siapapun ke sana. Saya tidak punya agenda ke Sumbar dalam waktu dekat ini,” tegasnya seperti dilansir hidayatullah.com, Rabu (1/08/2018).

Menurutnya, terkait beredarnya pesan bahwa Din diutus ke Sumbar, “Hal itu sengaja dipolitisasi oleh kelompok yang punya kepentingan politik tertentu.”

Soal “Islam Nusantara”, ia menjelaskan, “Sikap dan pandangan saya tentang bagaimana menyikapi Islam Nusantara oleh NU adalah dalam konteks ukhuwah sesuai dengan Etika Ukhuwah Islamiyah yang sudah disepakati oleh Dewan Pertimbangan MUI.”

“Silakan umat mau menerima atau tidak menerimanya, tapi jangan dipolitisasi,” pungkasnya. (SSC/*)

BACA JUGA