Hendrajoni Apresiasi Sinergi BUM-Nag dan Pokdarwis

---

Rabu, 25/07/2018 21:04 WIB

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni mengapresiasi sinergi Badan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Nagari Taluak Sakato, Kecamatan, Batang Kapeh

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni mengapresiasi sinergi Badan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Nagari Taluak Sakato, Kecamatan, Batang Kapeh

Pessel, sumbarsatu.com--Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni mengapresiasi sinergi Badan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Nagari Taluak Sakato, Kecamatan, Batangkapas.

Menurutnya, pemerintah kabupaten menilai pengelola BumNag dan Pokdarwis mampu melahirkan ide-ide kreatif dalam mengembangkan usahanya.

"Salah satunya dengan menggelar iven Semarak Tan Sridano," sebut bupati saat penutupan semarak hari jadi Tan Sridano di Batang Kapeh, Rabu (24/7/2018).

Bupati menyampaikan, kegiatan seperti itu harus menjadi agenda tetap di nagari. Bahkan, rutinitasnya perlu ditingkatkan. Dengan demikian, keberadaannya bisa lebih dikenal.

Potensi alamnya sangat menjanjikan. Jika terkelola dengan baik, tentu bisa memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat sekitar.

Apalagi, dalam pengelolaan pariwisata, pemerintah daerah juga menggandeng masyarakat sekitar. Bahkan, di setiap objek wisata akan dibangun berbagai fasilitas.

Sebab, sektor ini diyakini mampu menjadi salah satu pengungkit untuk meningkatkan perekonomian masyarakat." Panorama alam yang elok di nagari ini tentu sudah cukup menjadi modal dasar bagi pengelola," sebutnya.

Saat ini, ulas bupati, pemerintah daerah secara bertahap melalukan pembenahan objek wisata. Satu demi satu destinasi terus dikembangkan.

Selain bisa lebih fokus, daerah juga memiliki anggaran yang terbatas untuk mengembangkan pariwisata. "Yang penting tepat sasaran," ujar bupati.

Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat sekitar dapat menjaga kebersihan, keindahan dan keasrian lokasi wisata.

Pada kesempatan itu, Ketua TP-PKK, Lisda Hendrajoni sangat mendukung program pemerintah daerah dalam pengembangan kepariwisataan.

Sebab, pemberdayaan pariwisata harus didorong mulai dari nagari sampai kabupaten untuk bisa berkembang baik.

"Mungkin masih banyak fasilitas-fasilitas wisata kita belum memadai. Dan ini perlu dibenahi, ini mungkin bisa upayakan nagari atau Pemda untuk menggejotnya," tutup Lisda. (MIN)

BACA JUGA