Farhan dan Almar Melaju ke Istana Negara

TERPILIH JADI PASKIBRAKA DARI SUMBAR

Selasa, 24/07/2018 17:44 WIB
Farhan Masani, siswa SMA 14 Padang dan Almar Athul Hamidah, siswa SMA 2 Payakumbuh foto bersama Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman jelang berangkat ke Jakarta. IST

Farhan Masani, siswa SMA 14 Padang dan Almar Athul Hamidah, siswa SMA 2 Payakumbuh foto bersama Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman jelang berangkat ke Jakarta. IST

Padang, sumbarsatu.com--Siswa SMA 14 Padang, Farhan Masani terpilih sebagai anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di istana negara, Jakarta pada HUT RI 17 Agustus mendatang. Farhan tidak sendiri, dia ditemani Almar Athul Hamidah dari SMA 2 Payakumbuh. Kedua duta Ranah Minang itu terpilih setelah mengikuti seleksi ketat yang diikuti 100 peserta.

Jika tak ada kendala, Rabu (25/7/2018), keduanya bertolak ke Jakarta bergabung dengan anggota Paskibraka dari 33 provinsi lainnya di Indonesia. Mereka akan mengikuti pelatihan terpusat jelang upacara HUT RI di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON).

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman melepas secara resmi keberangkatan duta Sumbar itu kemarin, saat mereka berpamitan dan mohon doa semoga dapat menjalankan tugas dengan baik. Kedua siswa juga itu didampingi Kabid Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Edwarsyah Ramli dan guru sekolahnya.

“Mereka tak hanya menjadi kebaggaan keluarga dan sekolahnya, tetapi juga kebanggaan kita semua. Karena itu, kita sangat berharap mereka bisa memberikan hasil yang terbaik, masuk dalam pasukan utama pengibar bendera. Jadi mereka harus serius berlatih jelang hari H,” ujar Burhasman.

Dikatakan, setiap tahun Sumbar selalu mengirim duta untuk Paskibraka pada HUT RI. Dan prestasi mereka sangat membanggakan. Mereka para alumni juga selalu berbagi ilmu dengan adik-adiknya yang akan mengikuti kegiatan ini.

“Bagi mereka yang pernah jadi anggota Paskibraka di istana negara ini, akan mendapatkan sertifikat. Lalu sertifikat itu bisa jadi modal bagi mereka yang berniat berkarir di militer,” katanya.

Edwarsyah menambahkan, mereka akan mengikuti pelatihan baris berbaris dengan materi yang telah disiapkan. Tak hanya itu, mereka juga dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang wawasan nasisonal dan kearifan lokal. Usai menjalankan tugas, keduanya akan kembali ke Ranah Minang pada 23 Agustus 2018.

“Suatu kebanggaan juga, karena anggota Paskibraka ini juga akan terlibat pada pembukaan Asian Games,” katanya.

Sedangkan untuk Paskibaraka Sumbar, menurut Edwarsyah, dipilih 54 orang dari 100 peserta yang mengikuti seleksi provinsi. Mereka terdiri dari 26 putra dan 28 putri. Mereka bertugas pada peringatan HUT RI di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

“Anggota Paskibraka ini merupakan siswa SMA yang mewakili seluruh kabupaten/kota di Sumbar. mereka mengikuti seleksi muylai dari bawah, tingkat sekolah, kabupaten/kota hingga seleksi provinsi,” katanya.(DD)

BACA JUGA