Demi Sumbar, Arcandra Tahar Ajak FMM Pulang Basamo

---

Selasa, 24/07/2018 14:36 WIB
Peserta Diskusi FMM dengan Wamen  ESDM

Peserta Diskusi FMM dengan Wamen ESDM

Jakarta, sumbarsatu.com - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengajak Forum Minang Maimbau (FMM) pulang basamo ke Sumatera Barat untuk menggelar diskusi yang berkaitan dengan masalah keenergian dalam konteks pembangunan daerah Sumatera Barat.

"Bagaimana kalau diskusi berikutnya kita adakan di Sumbar dan kita pulang basamo," kata Arcandra, dalam diskusi FMM tentang "Freeport dan Kebijakan Strategis Kementerian ESDM di Bidang Energi", di Ruang Heritage, Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (23/7/2018).

Arcandra Tahar sebagai narasumber tunggal dalam diskusi yang dimoderatori Ketua FMM Firdaus HB yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Minang, antara lain Fahmi Idris selaku Ketua Pembina FMM, Basril Djabar, tokoh agama Sumbar Mas'oed Abidin dan sejumlah masyarakat Minang di Jakarta.

Fahmi Idris menyambut baik tawaran Wamen ESDM Arcandra Tahar tersebut.
"Untuk diskusi berikutnya mari kita selenggarakan di Sumatera Barat seperti yang ditawarkan pak Wamen ESDM tadi dan kita sekalian pulang basamo," ujar Fahmi Idris.

Dalam diskusi yang hampir berlangsung selama 4 jam tersebut, Arcandra memaparkan tentang berbagai kebijakan strategis Kementerian ESDM, soal Freeport Indonesia, Pertamina dan hal lainnya yang terkait dengan Kementerian ESDM.

Firdaus HB menjelaskan, FMM berawal dari group diskusi WhatsApp yang mendiskusikan soal kepemimpinan dan peran-serta semua elemen masyarakat untuk pembangunan Sumbar ke depan, seperti bidang ekonomi, sosial, pariwisata dan pendidikan.

"Banyak tokoh-tokoh Minang yang bergabung dalam forum diskusi, seperti Buya Syafii Maarif, Pak Fahmi Idris, Pak Asman Abnur, Fadli Zon, Dino Patti Djalal, Prof Fasli Jalal, Prof Saldi Isra, Prof Djohermansyah Johan, para Duta Besar, Rektor, Guru Besar, Direksi/Komisaris BUMN, anggota DPR RI, anggota DPD RI, Perwira Tinggi AD/AL/AU/Polri, Pejabat Eselon 1, tokoh-tokoh pengusaha, Aktivis organisasi Minang, generasi muda Minang serta sumando Minang," ungkap Firdaus.

Semuanya, ujar Firdaus, berdiskusi untuk kebaikan Sumatera Barat ke depan dan harmonisasi hubungan Ranah Minang dengan rantau menuju "Minang untuk Kejayaan Bangsa.

Kegiatan nyata yang sudah dan sedang dijalankan FMM, seperti Home Stay binaan di Kawasan Mandeh. Persiapan Festival Kuliner Minang dan Temu Pengusaha Kuliner Minang  yg menjadi agenda Tahunan di Sumbar bekerjasama dg Kementerian Pariwisata, dukungan untuk Festival Budaya Minang di Batusangkar yang digelar setiap tahun. (BAL)

BACA JUGA