Senin, 23/07/2018 15:24 WIB

Pembangunan RS Pratama Dimulai, Warga Ujung Gading Ucapkan Terima Kasih

Bupati Syahiran melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Pratama Ujung Gading Pasbar, Senin (23/7/2018).(sutanjunir)

Bupati Syahiran melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Pratama Ujung Gading Pasbar, Senin (23/7/2018).(sutanjunir)

Ujung Gading, sumbarsatu.com- Bupati Pasaman Barat H Syahiran berkeinginan Rumah Sakit (RS) Pratama Ujung Gading, Kecamatan Lembang Melintang. Pasaman Barat bisa selesai tepat waktunya akhir Desember 2018 ini. Sehingga, hasil pembangunannya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berobat.

“Melihat kondisi wilayah, saya dulu berkhayal agar di Ujung Gading ada rumah sakit, mengingat jauh ke Simpang Empat, sekarang mimpi saya terwujud, Alhamdulillah, manfaatkanlah rumah sakit ini dengan baik,” ujar Bupati Syahiran saat peletakkan batu pertama pembangunan RS Pratama tipe D Ujung Gading, Senin, (23/7/2018) di Ujung Gading.

Bupati Syahiran hadir bersama Wabup Yulianto, Ketua TP PKK Hj Yunisra Syahiran dan jajaran OPD se Pasbar, Kadis Kesehatan Haryunidra, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Herman SKM, Kabag Humas Yosmar Difia, para camat dan pihak kontraktor pelaksana serta pengawas pembangunan RS Pratama.

Bupati berharap dukungan dan partisipasi penuh masyarakat setempat, agar pelaksanakan pembangunan RS Pratama Ujung Gading berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yakni 150 hari kelender yakni sampai akhir tahun 2018, yang diawasi oleh konsultan pengawas PT Multi Mitra Sarana.

“Pokoknya kita ingin satu lantai tahun ini hasilnya sudah finis dan bisa dipakai oleh masyarakat beserta lengkap dengan alat kesehatannya. Niat saya secara berangsur-angsur bisa dilaksanakan, temasuk irigasi Batang Bayang. Saya juga minta lahan tiga hektar untuk membangun SMA. Mari kita bersama-sama kita berkorban, untuk kemajuan,” sebut Syahiran.

Soal tenaga medis untuk RS tersebut, kata Syahiran,akan didrop dari petugas RSUD Simpang Empat. “Tidak ada penambahan petugas RS honor, karena anggaran terbatas, kalau mau sekarang ada test ASN untuk tenaga kesehatan, silakan ikut,” tukas Syahiran.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Pasaman Barat Haryunidra menyebutkan, bahwa pembangunan RS Pratama Ujung Gading saat ini kerjakan oleh PT Tasya sebagai pemenang tender dengan anggaran Rp24,5 miliar untuk satu lantai sampai finising, dan disediakan anggaran untuk alat-alat kesehatannya sekitar Rp17 Miliar yang bersumber dari DAK APBN.

“Kehadiran RS Pratama menjawab keluhanan masyarakat soal akses jauhnya jarak Ujung Gading ke Simpang Empat, khusunya masyarakat Pasbar di bagian utara. Jika RS ini selesai diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp160 miliar, dan saat ini baru satu lantai kita kerjakan dengan dana yang tersedia,” sebut dia.

Sementara itu Direktur PT Tasya Ir. Bustanuddin memberikan apresiasi atas dukungan Bupati Syahiran dan Wabup Yulianto yang cukup antusias dan perhatian terhadap masyarakat.

Bustanuddin juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Ujung Gading Kec Lembah Melintang dalam pelaksanaan pembangunan RS Pratama ini.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Camat Lembah Melintang, Bamus, KAN yang sangat antusias. Kami selaku pelaksana tentu berharap pengerjaan RS ini sesuai dengan kontrak yang telah kami tandatangani dan memenuhi spesfikasi teknis yang ada dalam kontrak. Insya Allah selesai tepat waktu dan bisa digunakan masyarakat pada tahun 2019 nanti,” kata Bustanuddin.

Tokoh masyarakat Ujung Gading Burhanuddin yang juga mantan walinagari setempat menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah melalui Bupati Syahiran yang telah bijak menyikapi keinginan masyarakat.

“Masyarakat Ujung Gading sangat bersyukur dengan hadirnya RS Pratama, bupati cepat tanggap dan kebijakkannya kepada rakyat, terutama masyarakat Pasbar bagian utara. Bupati sangat jeli dan pandai membaca apa yang diingini masyarakat,” sebut Burhanuddin.

Dia menyebut bahwa hampir 60 persen pasien yang ada di RS Yarsi Simpang Empat, berasal dari masyarakat Ujung Gading. Artinya, kebijakkan bupati membangun rumah sakit di Ujung Gading sudah tepat dan kehadiran ruman sakit sangat dibutuhkan masyarakat. (SSC)

 

BACA JUGA