Bakal Caleg dari PAN, Wiztian Yoetri Menuju Ladang Pengabdian ke DPRD Sumbar

--

Rabu, 18/07/2018 21:28 WIB
Wiztian Yoetri

Wiztian Yoetri

Padang, sumbarsatu.com--Tokoh pers nasional dari Sumatera Barat, Wiztian Yoetri memilih lahan pengabdiannya di jalur legislatif. Cici, demikian dirinya akrab disapa, maju sebagai bakal calon legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat dengan kendaraan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Benar, saya maju bakal caleg untuk DPRD Sumbar dengan basis pemilihan Pariaman dan Padang Pariaman. Saya telah didaftarkan Partai Amanat Nasional (PAN). Ini sekaligus sebagai bentuk komitmen saya untuk ikut serta membangun kampung halaman, Piaman. Doakan berjalan baik,” kata sosok yang bersahaja ini, kepada sumbarsatu, Rabu (18/7/2018) di Padang.

Daftar bakal caleg yang diajukan PAN Sumbar kepada KPU pada tanggal 17 Juli 2018, nama Wiztian Yoetri berada pada nomor urut 4 di Dapil Sumbar 2 (Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman).

Menurut Komisaris PT Semen Padang 2016-2018 ini, pengabdiannya untuk masyarakat Sumatera Barat, bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya lewat legislatif. Bukan hanya semata lobi ke pusat tapi kesinambungan dan tata kelolanya, serta kapasitas sumber dayanya perlu ditingkatkan.

"Untuk kesinambungan dan keberlanjutan pembangunan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman yang berbatasan langsung dengan Kota Padang sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Barat, bukan hanya semata lobi ke pusat atau provinsi, tapi keberlanjutan dan tata kelolanya harus dipertimbangkan secara benar. Saat ini semua rencana pembangunan yang telah dirintis sebelumnya, diupayakan terus berlanjut," urai mantan Pemimpin Redaksi Padang Ekspres dan Pos Metro Padang ini.
 
Saat ini, visi Kota Pariaman prioritas pembangunan pariwisata dan pengembangan UMKM, berjalan dengan baik. Sementara Kabupaten Padang Pariaman yang menaruh perhatian pada pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol, embarkasi haji, Stadion Utama Sumbar, kawasan Tarok City, dan lainnya, tentu juga memerlukan kerja keras bersama-sama agar terealisasi secara maksimal.

“Insyaallah jika dilakukan bersama-sama dan ditambah dengan pengalaman sebagai wartawan dan hubungan baik dengan tokoh-tokoh di Sumbar maupun di pusat, apa yang menjadi harapan masyarakat Piaman bisa bisa dicapai dan diwujudkan,” terang mantan Ketua PWI Padang Pariaman itu.

Selain pembangunan fisik, jelas Cici lebih jauh, jika diberi amanah masyarakat Piaman sebagai anggota DPRD Sumbar, ia akan mendorong dan mendukug penuh Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman menuju kota dan kabupaten serta masyarakat yang religius.

"Visi ini sesuai dengan spirit ulama besar dari Ulakan, Syech Burhanuddin. Ini merupakan pekerjaan penting saya kira. Keberadaan ulama besar ini harus menginspirasi bagi masyarakat Paiman," kata penulis buku "Catatan Sekitar Pers" yang diterbitkan KABARITA itu.

Beberapa waktu lalu, Wiztian Yoetri memberikan beasiswa jurnalistik kepada 14 anak muda yang punya bakat menulis untuk mengikuti pelatihan menulis "Prosa Jurnalisme" dengan mentor penulis ternama di Sumatera Barat.  Alasan pemberian beasiswa ini sebagai cara untuk mengembangkan ilmu jurnalistik kepada orang muda.
 
"Melalui prosa jurnalisme, para pembaca akan mendapatkan rasa lain dari sebuah berita atau informasi," katanya saat itu. (SSC)

BACA JUGA