Satpol PP Targetkan 78 Unit, Baru 6 Bangunan Liar Dibongkar

-

Kamis, 12/07/2018 20:55 WIB
Petugas Satpol PP kembali menertibkan sejumlah bangunan liar di kawasan Kampung Subarang Pambayan, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, dibongkar Satpol PP Kota Padang bersama Tim SK 4 Pemko, Kamis (12/7). IST

Petugas Satpol PP kembali menertibkan sejumlah bangunan liar di kawasan Kampung Subarang Pambayan, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, dibongkar Satpol PP Kota Padang bersama Tim SK 4 Pemko, Kamis (12/7). IST

Padang, sumbarsatu.com—Sebanyak 17 unit bangunan liar yang memanfaatkan fasilitas umum di kawasan Kampung Subarang Pambayan, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, dibongkar Satpol PP Kota Padang bersama Tim SK 4 Pemko, Kamis (12/7/2018).

Dengan kekuatan 120 personel gabungan Satpol PP, TNI/Polri, enam unit bangunan liar dibongkar hingga tuntas dan barang-barangnya diangkut ke Mako Pol PP. Sedangkan 11 unit lainnya pembongkaran terbengkalai dan pemilik berjanji akan membongkar sendiri bangunan miliknya.

Plt Kasat Pol PP Kota Padang, Yadrison membenarkan kegiatan penertiban tersebut. Sebenarnya ada 78 unit bangunan liar yang menjadi target pembongkaran. Bangunan yang dibongkar itu tak hanya berupa lapak dan kedai makan semi permanen, tetapi juga ada rumah permanen.

“Ada 78 unit yang akan kita bongkar. Umumnya bangunan liar yang dibongkar itu berdiri di atas taman kota dan juga di atas drainase, seperti rumah permanen yang dibongkar karena berdiri di atas drainase,” katanya.

Dikatakan, sebelum dilakukan pembongkaran pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada pemilik bangunan liar. Beberapa kali juga sudah digelar rapat. Namun hingga akhirnya tetap saja harus dibongkar Satpol PP. Bagi bangunan permanen yang jumlahnya sebanyak 22 bangunan, akan dilakukan pembongkar setelah dilakukan mediasi dengan pemilik bangunan.

Pembongkaran berjalan lancar, meski beberapa pemilik bangunan liar sempat protes karena tidak bersedia barang-barangnya diangkut ke Markas Satpol PP.

"Pemko melalui Satpol PP akan melakukan pembenahan daerah kumuh di Kelurahan Batang Arau itu, di antaranya perbaikan drainase dan trotoar, sehingga lokasi ini akan menjadi bersih. Hal itu tentu akan menambah minat masyarakat untuk berkunjung ke lokasi ini,” terang Yadrison. (SSC/DD)

BACA JUGA