Kamis, 12/07/2018 17:59 WIB

Bank Sampah Perlu untuk Memudahkan Pengelolaan Sampah

-

-

Agam, sumbarsatu.com-Untuk memudahkan pengelaan sampah di sebuah sekolah, diperlukan bank sampah, ungkap Asisten II Setda Agam, Ir. H. Isman Imran,M.Si, Kamis (12/7/2018) dalam rapat pengelolaan sampah dengan beberapa kepala OPD, di ruang kerjanya, Kamis (12/7/2018).

Menurutnya, dengan mengoptimalkan bank sampah, sampah yang ada bisa dikelola dan dipilah, mana yang bisa digunakan dan mana yang tidak.

Sampah yang bisa digunakan dapat dijual, dan lainnya dibuang ke tempat pembuangan akhir. Tetapi, sebelumnya pembeli harus memiliki izin dari kabupaten, supaya sampah yang dibeli tidak ditumpuk di sembarang tempat, yang nanti mengganggu K-3.

Dijelaskan, mengelola sampah yang baik dapat dilakukan dengan sistem 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), yang menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah dengan berbagai permasalahannya.

“Kita mengharapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, membahas hal ini dengan pihak sekolah. Di samping menjaga kebersihan juga memberi pemahaman kepada siswa bagaimana mengelola sampah dengan baik,” ujarnya.

Kasubag Umum Disdikbud Agam, Elvy Rialdi menyambut baik komitmen Pemkab Agam dalam pengelolaan sampah. Sampah di sekolah pada umumnya ditampung tong sampah, sedangkan yang menjadi masalah saat ini cara mendistribusikan dari tong sampah ke TPA.

“Namun kita akan membicarakan hal ini dengan pihak sekolah, supaya sampah bisa terkelola sebaik mungkin, dengan cara mengoptimalkan bank sampah,” ujarnya. (MSM)

BACA JUGA