VCO Manggopoh Mulai Rambah Pasar Daerah Tetangga

-

Minggu, 08/07/2018 22:25 WIB
Virgin Coconut Oil (VCO) Nagari Manggopoh yang berasal dari fermentasi kelapa

Virgin Coconut Oil (VCO) Nagari Manggopoh yang berasal dari fermentasi kelapa

Agam, sumbarsatu.com-Memanfaatkan hasil kelapa yang melimpah, Pemerintah Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam membuka usaha mandiri pengolahan suplemen Virgin Coconut Oil (VCO) yang berasal dari fermentasi kelapa.

Sebenarnya Anak Nagari Manggopoh sudah lama memproduksi VCO sejak lama, sebagai salah produk Nagari Manggopoh.

Menurut Wali Nagari Manggopoh Ridwan Chaniago, Minggu (8/7/2018), VCO merupakan peluang usaha potensial Nagari Manggopoh, karena Manggopoh merupakan sentral kelapa terbaik di daerah itu.

Usaha yang sudah 2 tahun berjalan ini sudah teruji dari dinas kesehatan dan sudah ada lebel halalnya, bahkan sudah diuji secara klinis.

Untuk pemasaran pihak nagari telah memiliki Badan Usaha Milik Nagari (BUMnag) dan bekerja sama dengan Cawan Foundation yang berpusat di Bekasi, propinsi Jawa Barat.

“Pemasaran VCO bukan hanya dalam Provinsi Sumbar, tetapi juga sudah merambah pasar daerah tetangga, Sumut, Riau, Sumsel, Riau Kepri, bahkan sudah sampai ke Singapura," ujarnya.

Melihat keberhasilan Manggopoh, Kabag Humas Setda Agam, Helton, SH, M.Si mengimbau nagari lain di Agam, khususnya di sentra tanaman kelapa, seperti di Kecamatan sendiri Lubuk sendiri, Tanjung Mutiara, dan Ampek Nagari, mengikuti jejak tersebut.

Bukan hanya itu, masih banyak produk nagari yang belum terpasarkan menurut semestinya. Kenyataan itu mesti menjadi perhatian pihak pemerintah nagari.

“Dulu pemasaran menjadi kendala, tetapi kini sudah ada BUMNag. Untuk pembinaan usaha anak nagari, juga sudah ada dana nagari, yang jumlahnya cukup besar. Maka rugilah nagari yang tidak memanfaatkan potensi nagarinya dengan optimal,” ujarnya. (MSM)

BACA JUGA