Rabu, 27/06/2018 09:01 WIB

Yunisra Syahiran: Peran Masyarakat dalam Pembangunan Sangat Dibutuhkan

Ketua TP PKK Hj Yunisra bersama kaum ibu di Ranah Batahan Pasaman Barat. (Sutanjunir)

Ketua TP PKK Hj Yunisra bersama kaum ibu di Ranah Batahan Pasaman Barat. (Sutanjunir)

Simpang Empat, sumbarsatu.com-- Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Pasaman Barat (Pasbar), Yunisra Syahiran menekankan pentingnya peran masyarakat dalam pembangunan.

Hal itu disampaikannya pada saat Sosialisasi Pengelolaan Dana Nagari di kantor Wali Nagari Batahan kecamatan Ranah Batahan, Selasa (26/6/2018).

Menurutnya, partisipasi masyarakat terutama kaum ibu dalam menjalankan beberapa program strategis pemerintah seperti 10 program pokok PKK sangatlah diharapkan di seluruh tingkatan wilayah, mulai dari tingkat kejorongan, nagari, kecamatan dan tingkat kabupaten.

"PKK adalah organisasi bergengsi. Oragnisasi yang punya 10 program pokok yang sangat strategis dalam upaya penyejahteraan keluarga," ungkap Yunisra.

Dijelaskanya, 10 program pokok PKK dampaknya bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti usaha peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang bergerak lewat sektor pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikelola oleh Ibu-ibu rumah tangga.

Lanjutnya, program pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga atau biasa dikenal dengan program Hatinya PKK juga sangat membantu dalam meminimalisir pengeluaran keluarga dan menjaga kestabilan ekonomi keluarga.

"Saya berharap dana nagari yang ada dapat dimanfaatkan untuk menunjang berbagai program pembangunan ditengah masyarakat. Realisasinya juga harus transparan. Dana yang dikucurkan harus punya prospek yang jelas, efektif dan efisien untuk dimanfaakan sebagai upaya mencapai kesejahteraan bersama," kata Yunisra.

Yunisra berharap semangat dan partisipasi masyarakat terutama kaum Ibu, kader PKK dan lain-lain dapat menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu. Sehingga setiap program yang dicanangkan, dapat terealisasi dan mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan.

"Kita benar-benar berharap setiap program yang ducanangkan oleh pemerintah dapat kita jalankan dengan baik, seperti program pokok PKK. Mari kita sukseskan bersama. Tetap jaga semangat," himbaunya kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir.

Sosialisasi pengelolaan Dana Nagari turut dihadiri Muspika kecamatan Ranah Batahan, Bamus, Tokoh Masyarakat dan masyarakat setempat. (SSC)

BACA JUGA