Jum'at, 08/06/2018 22:10 WIB

Bupati Agam Canangkan Angkutan Lebaran

Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mencanangkan angkutan Lebaran, Jumat (8/6/2018). di Terminal Antokan, Lubuk Basung.

Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mencanangkan angkutan Lebaran, Jumat (8/6/2018). di Terminal Antokan, Lubuk Basung.

Agam, sumbarsatu.com- Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mencanangkan angkutan Lebaran, Jumat (8/6/2018). di Terminal Antokan, Lubuk Basung.

Ia mengatakan, dalam menyambut Idulfitri 1439 Hijriyah diiringi dengan libur nasional yang cukup panjang, Pemkab Agam bersama Polres Agam dan Polres Bukittinggi sudah mempersiapkan beberapa kegiatan untuk menyukseskan angkutan Lebaran.

"Kegiatan yang disiapkan itu di antaranya adalah menyiagakan petugas kesehatan, SAR, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Perhubungan, sehingga masyarakat dapat berlebaran dengan rasa aman dan nyaman," ujarnya.

Menurutnya, berbicara tentang keselamatan berlalu lintas, tidak sepenuhnya dalam bentuk pelayanan yang diberikan pemerintah, tetapi sikap dari pengguna jalan juga sangat menentukan.

"Untuk kelancaran pelaksanaan angkutan lebaran dihimbau para pengusaha angkutan umum, agen, sopir, pemilik angkutan umum, dan pemilik kapal di Danau Maninjau mencek kondisi kendaraan sebelum beroperasi." ujarnya mengingatkan.

Bupati menekankan kepada sopir kendaraan agar tidak terlibat dengan barang terlarang, seperti Narkoba, miras, dan sejenisnya. Polisi ditugaskan untuk mengawasinya, jika kedapatan, langsung ditindak tegas, karena bisa membahayakan penumpang nantinya.

"Razia tidak hanya SIM atau perlengkapan lainnya, tetapi juga dilaksanakan tes urin bagi sopir yang mencurigakan," ujarnya.

Di samping itu, Indra Catri mengimbau OPD untuk menyiagakan alat berat dan personil selama lebaran di kawasan rawan bencana, menyiapkan petugas pada Poskotis yang sudah ditetapkan, dan melaksanakan tugas pengamanan, serta pengawasan dengan sebaik-baiknya, sehingga masyarakat dapat menikmati Idulfitri dengan rasa aman dan nyaman.

"Kepada masyarakat saya mengimbau, mari bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dengan senantiasa bersabar dan berhati-hati di jalan, serta mematuhi rambu lalu lintas," ujarnya berharap.

Meskipun demikian, bupati meminta masyarakat melengkapi surat kendaraan dan SIM, karena akan menjadi salah satu sarat kelancaran dalam perjalanan.

Kepala dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Yosfriawan menyebutkan, jumlah angkutan yang dipersiapkan untuk angkutan lebaran 1.140 unit, terdiri dari AKAP 80 unit, AKDP 239 unit, AJDP 16 unit dan angkutan pedesaan 808 unit.

Yosefriawan juga menyebutkan, bahwa pihaknya menempatkan 38 orang personil di tujuh Poskotis, objek wisata dan tempat yang menimbulkan kemacetan serta pengawasan operasional kapal di Danau Maninjau bersama OPD terkait.

"Untuk menciptakan kenyamanan lalu lintas, kita melakukan kegiatan di antaranya melakukan pemeriksaan ulang terhadap kondisi teknis kendaraan angkutan umum, dan menyiapkan bus cadangan baik dari pengusaha angkutan maupun dari bus pemerintah," ujarnya. (MSM)

BACA JUGA