Pustaka Keliling Bakal Ramaikan Lomba Baca Puisi di Silaping

Jum'at, 08/06/2018 21:48 WIB
Pertemuan IMPGES Kota  Padang beberapa waktu lalu. (Dok. Diatunes Management)

Pertemuan IMPGES Kota Padang beberapa waktu lalu. (Dok. Diatunes Management)

Padang, sumbarsatu.com—Menyambut pelaksanaan Lomba Baca Puisi bertema ‘Visi Batahan 2018’, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasaman Barat melalui Kabid Perpustakaan mengonfirmasi kepada panitia bakal mengirim satu unit mobil layanan Pustaka Keliling di lokasi acara, Pasar Silaping pada 17 Juni 2018 mendatang.

Senada dengan dukungan tersebut, beberapa orang pegiat literasi di Pasaman Barat juga mengonfirmasi kehadirannya.

Kepada masyarakat yang berminat membuka stan jualan kuliner juga dipersilakan panitia untuk membuka tanpa dipungut biaya apapun.

Lomba Baca Puisi tingkat Kecamatan Ranah Batahan ini diikuti oleh peserta usia sekolah hingga mahasiswa. Setiap peserta nantinya bakal mendapat piagam penghargaan keikutsertaan dan berpeluang memenangkan hadiah uang dan buku-buku bacaan.

Juri yang akan menjadi hakim penilai terdiri dari 4 orang yang dipilih dari peminat puisi dan seniman yang berdomisili di Ranah Batahan. Selain itu agar lebih menarik dan transparan, peserta yang tampil akan dinilai pula oleh penonton yang hadir di lokasi acara sebagai pembanding penilaian para juri.

Batahan dan Ranah Batahan merupakan modal besar bagi pembangunan sumber daya seutuhnya. Melalui pendekatan literasi, membaca dan menulis diharapkan terpupuk kesadaran masyarakat betapa daerah perbatasan dengan Sumut itu kaya potensinya. Tinggal bagaimana visi pada tahun-tahun mendatang bisa mengarahkannya menurut pola pembangunan semesta terencana, nawa cita dan revolusi mental.

Kelas Kreatif Indonesia bekerja sama dengan IMPGES organisasi mahasiswa daerah setempat tergerak untuk mengadakan program literasi yang tahun ini mendapuk ‘Lomba Baca Puisi Visi Batahan 2018’ sebagai langkah penetrasi untuk kegiatan-kegiatan berikutnya di Ranah Batahan dan Pasaman Barat.

Puisi yang dibaca peserta adalah puisi yang bebas dipilih dari 6 puisi karya Denni Meilizon, penyair Sumatra Barat berikut ini; Batahan, Beras Tumbuk di Muara Mais, Pulang Selalu Pulang, Gema Suara Orang-orang Batahan, dan Menjual Salak Sampai ke Seberang,

Untuk pendaftaran peserta, bagi anak dan remaja usia sekolah serta Mahasiswa asal Ranah Batahan dapat menghubungi narahubung berikut: 082213315868 (Toni), 082285032772 (Lombar), 085830359075 (Nindy). (SSC/Rel)

 Pertemuan IMPGES Kota Padang beberapa waktu lalu. (Dok. Diatunes Management)

BACA JUGA