Jum'at, 08/06/2018 21:08 WIB

Jelang Lebaran, Polres Padang Pariaman Periksa Urine Sopir Tranex

Sejumlah sopir angkutan umum PT Tranex Graha Perkasa Mandiri menjalani tes urine, kelengkapan berkendaraan, serta kelayakan bus yang dioperasikan oleh jajaran Polres dan Dishub Padang Pariaman, Jumat (8/6/2018).

Sejumlah sopir angkutan umum PT Tranex Graha Perkasa Mandiri menjalani tes urine, kelengkapan berkendaraan, serta kelayakan bus yang dioperasikan oleh jajaran Polres dan Dishub Padang Pariaman, Jumat (8/6/2018).

Padang Pariaman, sumbarsatu.com--Sejumlah sopir angkutan umum PT Tranex Graha Perkasa Mandiri menjalani tes urine, kelengkapan berkendaraan, serta kelayakan bus yang dioperasikan oleh jajaran Polres dan Dishub Padang Pariaman, Jumat (8/6/2018).

Tes urine oleh Tim Gabungan terdiri dari Satuan Reserse Narkoba, Satlantas, tim medis dokter polisi dan Dinas Perhubungan Padang Pariaman dilaksanakan di Kantor PT. Transpor, Simpang Lintas Lubuk Alung, Padang Pariaman.

Kaur Bin Ops Satlantas, Iptu Hamzah menyebutkan, pemeriksaan bertujuan untuk pencegahaan dini human error pada sopir, terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan banyak korban jiwa.

"Padang Pariaman salah satu jalur lalu lintas paling rawan kecelakaan dan sudah sering terjadi dan menyebabkan banyak korban. Untuk itu kami melaksanakan operasi ini, sebagai langkah awal mengatasi kecelakaan," tutur Iptu Hamzah.

Kasatres Narkoba, Iptu Edi Harto menambahkan, selain pemeriksaan terhadap kelengkapan diri seperti SIM, STNK serta tes urine, petugas juga memeriksa kondisi mobil fisik kendaraan Tranex yang dioperasikan membawa penumpang.

"Juga diperiksa benda-benda yang dianggap mencurigakan agar tidak terkecoh oleh sang supir dan penumpang lainnya," kata Edi Harto.

Pemeriksaan tes urine dapat mendeteksi pada sopir dimungkinkan mengkonsumsi narkotika.

"Hal ini sangat penting berkaitan dugaan banyaknya sopir mengkonsumsi narkoba untuk menambah staminanya. Padahal itu malah sangat membahayakan dirinya dan penumpang," ungkap Edi Harto.

Dari hasil pemeriksaan sementara, petugas belum menemukan hasil positif dari tes urine tersebut. Namun petugas mendeteksi sejumlah kendaraan yang mengalami beberapa kendala. Dan kondisi tersebut sudah disegerakan memperbaiki agar tidak membahayakan penumpang nantinya. (RY)

BACA JUGA