KPU Pessel Lakukan Tahapan Pencalonan Anggota DPRD

Rabu, 06/06/2018 22:24 WIB
Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar memberikan sambutan serta membuka secara resmi acara sosialisasi tahapan pencalonan anggota DPRD.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar memberikan sambutan serta membuka secara resmi acara sosialisasi tahapan pencalonan anggota DPRD.

Pessel, sumbarsatu.com--Berdasarkan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mulai melakukan sosialisasi tahapan pencalonan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), setempat Rabu (5/6/2018) di hotel Saga Murni Painan.

Selain dihadiri Pengurus Partai Politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Pessel, juga dihadiri unsur Forkopimda. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Pessel, Epaldi Bahar.

Dihadapan puluhan peserta Sosialisasi, Epal menyampaikan materi terkait mekanisme dan persyaratan pengajuan bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Pessel oleh Partai Politik.

Ketua KPU Kabupaten Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, berdasarkan ketentuan bahwa 30 hari sebelum masa pengajuan calon dilakukan penggungahan di sistem informasi pencalonan (silon).

"Kemarin kami telah mengundang seluruh partai politik untuk menyamapaikan informasi pengunggahan persyaratan calon legislatif di silon. Prosesnya dapat dimulai per 4 Juni," ujarnya

Ia menambahkan, sebelum melakukan pengunggahan, KPU akan memberikan password dan username terkait operasi silon itu sendiri.

"Nanti operator kami akan membuatkan password dan username untuk KPU termasuk untuk para partai politik di tingkat di Pessel," ujarnya lagi.

Setelah mendapatkan password dan username, oleh operator yang ditunjuk oleh masing-masing partai politik dan menginput data calon legislatif yang nantinya akan mengikuti pemilihan legislatif pada 2019 mendatang.

Dalam kesempatan ini, Koordinator Divisi Teknis Medo Patria mengatakan, untuk syarat calon I, ada 7 poin, pada poin ke 7 yakni bersedia untuk tidak merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya, direksi komisaris dewan pengawas atau karyawan pada BUMN/BUMD serta badan lainnya yang anggarannya bersumber dari keuangan negara.

Syarat II juga terdapat 7 poin, pada poin  ke 6 yakni menjadi anggota partai politik peserta pemilu dibuktikan dengan foto copy KTA yang masih berlaku.

Dalam materinya, lanjut Medo menuturkan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 263, Pada Pemilu serentak Tahun 2019 nanti, untuk DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) terbagi atas dua Dapil, yakni Dapil Sumbar 1 dan Dapil Sumbar 2, dengan jumlah alokasi kursi 14 kursi (Dapil 1 delapan kursi dan Dapil 2 enam kursi),

Namun, untuk DPRD Sumatera Barat dibagi menjadi 8 Dapil dengan alokasi kursi 65, sementara untuk DPRD Pessel dibagi menjadi Lima Dapil dengan 45 Alokasi kursi anggota DPRD, sebutnya.

Selain Sosialisasi Tahapan Pencalonan dan Daerah Pemilihan pada Pemilu serentak Tahun 2019, KPU juga mensosialisasikan Sistem Informasi Pencalonan (Silon), sebuah aplikasi berbasis website terkait Pencalonan anggota DPRD. (MIN)

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar memberikan sambutan serta membuka secara resmi acara sosialisasi tahapan pencalonan anggota DPRD.

BACA JUGA