Tahun Ini Pemkab Pessel Bangun Jalan Usaha Tani Sepanjang 6 Km

Senin, 28/05/2018 14:05 WIB
Kepala Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Pessel, Jumsu Trisno.

Kepala Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Pessel, Jumsu Trisno.

Painan, sumbarsatu.com--Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) , terus mendorong masyarakat untuk memaksimalkan potensi perekonomian. Khususnya sektor pertanian maupun perkebunan. Pemerintah Pessel pun berupaya membangun akses jalan usaha tani tahun ini sepanjang 6 km.

Kepala Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Pessel, Jumsu Trisno mengatakan, tahun ini pihaknya membangun jalan usaha tani sepanjang 6 km demi untuk kepentingan petani di daerah ini.

"Kami (Pemerintahan) akan terus berusaha dan berupaya meningkatkan produktivitas pertanian guna mendorong terwujudnya swasembada pangan di Pessel. Melalui berbagai program dan kebijakan pertanian yang terus dilakukan dengan inovasi dan terobosan-terobosan baru," ujarnya.

Ia menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan membangun jalan usaha tani. Jalan usaha tani diharapkan dapat semankin meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian di Pessel dengan tersedianya infrastruktur yang memadai.

Jumsu menambahkan, disamping fokus kebijakan dalam membangun infrastruktur jalan poros, sebagai program utama, Pemerintah Pessel juga membangun sarana dan prasarana pendukung pertanian seperti jalan usaha tani.

Menurutnya dengan tersedianya infrastruktur pertanian yang memadai akan dapat mendorong dan memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan meningkatkan produktivitas pertanian karena terpacu oleh semangat dari tersedianya sarana pendorong dan penggerak serta mobilitas masyarakat ke areal pertanian menjadi semankin dekat dan semankin mudah.

"Ini upaya yang kita lakukan dalam mendorong peningkatan kualitas dan produktivitas pertanian masyarakat kita dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, salah satunya infrastruktur Jalan. Karena untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian kita, harus kita dukung juga dengan penyediaan infrastruktur," tuturnya.

Dengan adanya jalan usaha tani itu akan semankin memudahkan masyarakat untuk mobilisasi masyarakat menuju lokasi pertanian, juga sekaligus mengangkut hasil pertanian dan kebutuhan-kebutuhan penunjang seperti pengangkutan pupuk dan lainnya.

Lanjut Jumsu mengatakan jalan usaha tani sebagai sebuah solusi bagi masyarakat petani untuk menggerakkan, mendorong dan memobilisasi saprodi dan hasil pertanian dalam memudahkan petani untuk menggerakkan dari satu titik produksi ke titik distribusi. Sehingga dengan demikian diharapkan akan dapat meringankan akses para petani di Pessel. (MIN)

BACA JUGA