Rabu, 23/05/2018 15:51 WIB

Kadinkes Agam: Makanan pada Pasa Pabukoan di Agam Relatif Aman

Pasa Pabukoan Pasar Lama Lubuk Basung

Pasa Pabukoan Pasar Lama Lubuk Basung

Agam, sumbarsatu.com-Makanan dan minuman, yang dijual pada Pasa Pabukoan di Kabupaten Agam, diawasi dengan ketat, agar tidak merusak kesehatan masyarakat.

Pengawasan dilakukan dengan melibatkan petugas puskesmas yang ada di kecamatan bersangkutan, ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkas) Agam, dr. H. Indra Rusli, Rabu (23/5/2018).

Pengawasan juga ditindaklanjuti dengan kunjungan langsung ke Pasar Pabukoan. Sampel makanan dan minuman diambil, dan diperiksa di labor Dinkes Agam.

“Dari sekitar 24 Pasar Panukoan yang diambil sampelnya, belum ditemukan makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya, seperti bahan pengawet dan zat pewarna,” ujarnya.

Dikatakan, sebelum pada pedagang berjualan pabukoan di Pasasr Pabukoan, mereka telah dibina bagaimana menyediakan makanan dan minuman yang sehat dan bersih. Mereka sudah diingatkan bahaya bahan pengawet, seperti borax, dan zat pewarna yang bukan dianjurkan untuk makanan dan minuman.

Menjawab sumbarsatu, dr. Indra mengatakan saat ini kondisi kesehatan warga Agam relatif bagus. Walau demikian, ia mengimbau agar warga selalu menjaga pola makan, dengan mengonsumsi sayur dan buah, serta minum 8 gelas air putih pada malam harinya. Siang hari selama Ramadan dianjurkan untuk melakukan olah raga ringan, untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Sebagaimana tahun lalu, tahun ini juga dilakukan penilaian terhadap Pasa Pabukoan. Menurut Kepala Dinas Perindagkop UKM Agam, melalui Kabid Pasar Reza Oktaviandi, sampai saat ini baru 9 Pasar Pabukoan yang tercatat sebagai peserta Lomba Pasar Pabukoan. (MSM)

Pasa Pabukoan Pasar Lama Lubuk Basung

BACA JUGA