Dampak Hujan Lebat, Sungai Buluah Meluap

Senin, 21/05/2018 22:19 WIB
Sungai Buluah meluap

Sungai Buluah meluap

Agam, sumbarsatu.com – Banjir yang melanda pemukiman penduduk di Jorong Sungai Buluh, Nagari Cingkariang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Minggu (20/5/2018), merupakan peristiwa langka.

Wali Nagari Cingkariang, Hendri St Rangkayo Mulia mengatakan, musibah banjir di Sungai Buluah jarang sekali terjadi, meskipun curah hujan tinggi, namun tidak berdampak separah itu.

“Sungai Buluah jarang sekali dilanda banjir, paling hanya 1 kali dalam setahun. Itu pun tidak separah kai ini,“ ujarnya, Senin, (21/5/2018).

Menurutnya, banjir yang melanda Sungai Buluah didominasi banjir kiriman dari Padang Laweh, Padang Kudo, Batagak, dan sekitarnya, sehingga drainase yang berada di Sungai Buluah tidak sanggup menampungnya  lagi.

“Kondisi drainase di Sungai Buluah sudah tidak memadai lagi untuk  menampung debit air yang datang, selain kecil permukaan got sudah di penuhi sediment. Kita mengalami kesulitan untuk membersihkannya karena saluran drainase banyak tertutup oleh bangun ,“ ujarnya menjelaskan..

Tingginya debit air yang datang ke Sungai Buluah menjadi faktor utama terjadinya banjir. Menurutnya, pembukaan lahan baru untuk perkebunan, serta pemakaian plastik untuk ladang membuat daya serap air di kaki Gunung Singgalang menjadi berkurang, sehingga langsung menghantam kawsan yang lebih rendah.

“Jika lahan di kaki Gunung Singgalang terus dibuka, takutnya daya serap air semakin berkurang, sekaligus penggunaan plastik di ladang bisa menutup penyerapan air hujan, “ ujarnya lagi.

Mengatasi masalah itu, pihaknya akan menganggarkan kembali dana untuk pembersihan drainase di Sungai Buluah. jJika drainase bersih, diharapkan bisa menampung lebih banyak air.

“Sebelumnya kita sudah menganggarkan untuk pembersihan drainase, namun belum terlaksana. Ke depannya kita akan menganggarkan kembali, masalah ini harus menjadi perhatian seluruh pihak, jika di biarkan takutnya akan memberikan dampak yang lebih besar," ujarnya dengan nada kuatir. (MSM)

BACA JUGA