Selasa, 15/05/2018 15:07 WIB

Agam Gelar Sosialisasi Lingkungan Hidup

Sosialisasi itu dibuka Bupati Agam diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Erniwati. Dalam sambutannya, ia mengatakan, pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Agam perlu komitmen bersama antar semua pihak

Sosialisasi itu dibuka Bupati Agam diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Erniwati. Dalam sambutannya, ia mengatakan, pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Agam perlu komitmen bersama antar semua pihak

Agam, sumbarsatu.com--Pemkab Agam menggelar Sosialisasi tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Agam, di Kantor Wali Nagari Sungai Puar, Kecamatan Sungai Puar, Senin (14/5/2018).

Sosialisasi itu dibuka Bupati Agam diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Erniwati. Dalam sambutannya, ia mengatakan, pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Agam perlu komitmen bersama antar semua pihak.

"Dalam pengelolaan lingkungan hidup diperlukan komitmen antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan," ujarnya.

Di Samping itu juga diperlukan sinergitas, keterpaduan kesamaan persepsi, dan komitmen bersama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota.

“Seperti persoalan pencemaran lingkungan di perairan Danau Maninjau, yang saat ini menjadi tanggung jawab nasional,” ujarnya pula.

Hal itu dilakukan dalam upaya perlindungan dan pengelolaan urusan lingkungan hidup untuk menghasilkan sinkronisasi, efisiensi dan efektifitas program, dalam pengelolaan lingkungan hidup yang semakin baik.

Ia berharap melalui sosialisasi ini dapat menjadi momentum bersama untuk terus berupaya, dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan hidup yang semakin kompleks dan rumit.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam, Hamdi mengatakan, kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan dalam rangka peningkatan koordinasi, sinergisitas perencanaan pembangunan daerah menuju pembangunan yang berkelanjutan, melalui pengarustamaan lingkungan hidup.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi atau pemahaman dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Agam, agar dapat dilaksanakan secara terpadu dan optimal," ujarnya.

Kegiatan itu diikuti 128 peserta, terdiri dari delapan orang Kepala OPD terkait, camat dan wali nagari se-Agam. (MSM)

BACA JUGA