Komunitas Gubuak Kopi Gelar Pameran Multimedia UNCONSCIOUS

#remajabermedia

Selasa, 15/05/2018 10:55 WIB
-

-

Padang, sumbarsatu.com—Komunitas Gubuak Kopi bersama TKP Study Club akan menggelar pameran multimedia bertajuk UNCONSCIOUS (Tak Sadar), selama 3 hari, Kamis-Sabtu, 17-19 Mei 2018 di Jalan Tembok Raya, Kota Solok.

“Pameran ini merupakan bagian dari program #remajabermedia yang digagas oleh Komunitas Gubuak Kopi dalam pengembangan dan pendidikan media terhadap remaja,” kata Delva Rahman, Koordinator Kegiatan, Selasa (15/5/2018).

Menurutnya, Komunitas Gubuak Kopi melalui program #remajabermedia ini mendukung aksi berkelanjutan remaja dalam mengembangkan praktik bermedia secara bijak. Dan mendorong munculnya kegiatan-kegiatan positif lainnya yang diinisiasi oleh remaja.

Tema pameran dengan tajuk Unconscious ini, merujuk pada perkembangan proses TKP Study Club dalam memahami cara kerja media melalui praktek fotografi dan video art. Selama berproses kurang lebih 3 bulan para partisipan diajak mengenal sejarah dan perkembangan media, cara kerja media, seni fotografi dan perkembangan terkininya.

“Para remaja diajak membedah karya-karya fotografi dan video penting dunia (termasuk Indonesia), yang diakui oleh museum-museum seni kontemporer dunia. Selain itu para siswa juga diajak mengembangkan praktek fotografi setiap hari dan didiskusikan setiap minggunya untuk melatih kemampuan visual mereka. Secara tidak sadar bagasi (wawasan) dari proses ini telah mempengaruhi cara mereka dalam membingkai keadaan dan memori di sekitar mereka, dengan gaya visual yang khas,” terangnya.

TKP Study Club adalah kelompok belajar multimedia yang diikuti oleh sejumlah siswa di SMA N 2 Sumatera Barat. Kelompok ini terbentuk September 2017, sebagai partisipan dalam program Gerakan Seniman Masuk Sekolah yang dimentori oleh Albert Rahman Putra (kurator/pegiat media/Komunitas Gubuak Kopi), dan Bana Barani (guru/seniman) selaku asisten. Kelompok yang beranggotakan 20 orang siswa ini terus berproses dan mengembangkan kemampuan mereka dalam praktek seni multimedia, terutama fotografi dan video.

Kelompok ini telah menggelar pameran grup pertama pada Desember 2017 dengan tema kurasi SELF-CRITICAL. Tema ini secara khusus mengajak para remaja mengkritisi kebiasaan mereka sendiri dan sekitarnya melalui praktik fotografi dan video. Kelompok ini terus berproses dan bulan ini akan berpameran kembali di Gubuak Kopi – Art and Media Studies (Solok).

Pembukaan pameran dan presentasi partisipan pada Kamis, 17 Mei 2018, pukul 15.00 dan berlanjut hingga Sabtu 19 Mei 2018. Pameran ini terbuka untuk umum, dengan jadwal kujungan setiap harinya, pukul 10.00– 21.00.

Gubuak Kopi – Art and Media Studies atau lebih dikenal sebagai Komunitas Gubuak Kopi adalah kelompok studi budaya (nirlaba) yang berbasis di Solok, berfokus pada kajian seni dan media dalam lingkup lokal.

Kelompok ini bekerja mendistribusikan pengetahuan seni dan media, mengembangkan praktek media kreatif lokal dengan pendekatan kesenian, pengarsipan alternatif, dan menjembatani kolaborasi/pertukaran pengetahuan antara profesional (penulis/seniman/peneliti) dan warga. (SSC/Rel)

BACA JUGA