Buka di Sumbar, Bhinneka Life Proteksi UMKM

SIMFONI UNTUK NEGERI

Sabtu, 12/05/2018 16:36 WIB
Wiroyo Karsono, Presiden Direktur Bhinneka Life, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat Zirma Yusri, dan Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Solok Nasripul Romika memerhatikan hasil kerajinan kain songket Minang di Plaza Andalas, Sabtu (12/5/2018)

Wiroyo Karsono, Presiden Direktur Bhinneka Life, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat Zirma Yusri, dan Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Solok Nasripul Romika memerhatikan hasil kerajinan kain songket Minang di Plaza Andalas, Sabtu (12/5/2018)

Padang, sumbarsatu.com--Pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu penopang utama ekonomi di Sumatera Barat setiap tahunnya terus tumbuh signifikan.  

Berdasarkan data statistik jumlah UMKM pada tahun 2017 sebanyak 501.410, yang terdiri dari UMKM mikro 423.280, pelaku usaha kecil 74.410, pelaku usaha menengah dan besar 3.720.

Jumlah yang cukup signifikan dengan ceruk yang masih luas, salah satu perusahaan asuransi jiwa nasional, Bhinneka Life, melirik peluang ini untuk mengembangkan sayapnya dengan membuka kantor di Jalan Sudirman Padang.

"Pelaku UMKM layak mendapatkan proteksi yang baik untuk diri, keluarga, dan usaha yang sedang dijalankan. Bhinneka Life berkomitmen mendukung pengembangan dan pertumbuhan UMKM di Sumbar. Sebagai sebuah perusahaan asuransi nasional, kami ingin sekali mendukung UMKM untuk bisa menjalankan usahanya dengan baik dan aman," kata Wiroyo Karsono, Presiden Direktur Bhinneka Life, saat membuka dan sekaligus pengenalan perusahaan ini dengan tajuk iven “Bhinneka Life Simfoni untuk Negeri” di Plaza Andalas Padang,  Sabtu (12/5/2018).

Kegiatan yang digelar hingga Minggu 13 Mei 2018 ini menghadirkan beragam kegiatan seperti pameran UMKM dan diskusi dari para pelaku usaha dan pakar mengenai perencanaan keuangan dan proteksi terhadap diri dan keluarga di masa depan.

Wiroyo Karsono mengungkapkan, "Bhinneka Life Simfoni untuk Negeri" ini menghadirkan pelaku UMKM dari Kabupaten Solok dan Kota Bukittinggi untuk menunjukkan berbagai hasil usahanya, sekaligus berbagi tips kiat sukses berbisnis dan merencanakan keuangan.

Wiroyo menambahkan, untuk bisa menjangkau masyarakat dan seluruh pelaku UMKM di Sumbar,  Bhinneka Life memiliki agen-agen yang handal yang selalu siap membantu nasabah menentukan proteksi yang mereka butuhkan.

Melalui "Bhinneka Life Simfoni untuk Negeri", Bhinneka Life hendak mengangkat kembali budaya lokal Indonesia di bidang seni dan budaya, yang justru menjadi ciri khas dan kekuatan bangsa Indonesia.

“Bhinneka Life berupaya untuk menjadi perusahaan asuransi nasional kebanggan Indonesia. Kami Hadir di berbagai wilayah di Indonesia untuk bisa menjangkau seluruh masyarakat agar mereka mendapatkan proteksi masa depan yang baik,” kata Wiroyo

"Bhinneka Life Simfoni untuk Negeri" merupakan manifestasi dari semangat yang hendak diusung oleh Bhineka Life. yaitu bersatu dalam kebaikan yang direalisasikan dalam rangkaian menumbuhkan kesadaran yang lebih besar mengenai rencana keuangan serta proteksi masa depan bagi pelaku UMKM.

Untuk itu, tambahnya, Bhinneka Life menghadirkan pelaku UMKM dari pelbagai usaha  seperti fesyen, kuliner, serta kerajinan tangan.

"Selain UMKM, demi kelestarian permainan tradisi anak, diangkat juga budaya dan kearifan lokal seperti permainan congkak, ular tangga, halma, yoyo, gasing dan lain sebagainya," jelas Wiroyo.

Dalam acara yang juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Zirma Yusri dan Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Solok, Nasripul Romika itu, selain menampilkan para pelaku usaha UMKM, Bhinneka Life juga menghadirkan diskusi mengenai pola makan sehat serta diskusi mengenai perencanaan pendidikan.

Sejak didirikan pada tahun 2016, Bhinneka Life telah memiliki 25 kantor wilayah dan 358 kantor pemasaran di seluruh wilayah Indonesia, serta melindungi lebih dari 92.000 pemegang polis. Pada 2017, Bhinneka Life telah mendapatkan laba komprehensif senilai Rp11,4 miliar dengan tingkat Risk Based Capital (RBC) 417%, jauh melampaui ketentuan minimum yang ditetapkan oleh OJK yaitu 120%.

Pada akhir 2017, Bhinneka Life telah berhasil mengelola aset atau kekayaan perusahaan senilai Rp1,23 triliun dengan dukungan modal disetor Rp600 miliar.

Kini Bhinneka Life memiliki lebih dari 18.000 agen dan 1.100 karyawan yang siap melayani seluruh kebutuhan nasabah dan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Produk Bhinneka Life

1. Proteksi dan Investasi
Bhinneka Life menawarkan produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat proteksi sekaligus investasi, yakni Bhinneka Assurance Link (Link).
Keistimewaan Bhinneka Assurance Link dapat dilengkapi dengan 8 manfaat tambahan (rider) seperti Asuransi Tambahan Hospital Benefit hingga Personal Accident.

2. Akumulasi Kekayaan
Selain perlindungan jiwa, Bhinneka Life juga menawarkan produk Asuransi Jiwa yang memberikan manfaat nilai tunai pada akhir periode pertanggungan yang dapat digunakan nasabah untuk meningkatkan kekayaannya untuk memenuhi tujuan keuangannya.

Mencapai kesejahteraan dalam hidup adalah bagian penting dari kebebasan finansial. Di mana setiap orang memiliki tujuan keuangan yang berbeda dalam hidupnya, yang tentu saja membutuhkan strategi yang berbeda untuk mencapainya. Strategi yang tepat dipadu dengan waktu yang tepat akan memberikan potensi lebih baik agar kekayaan yang dimiliki bisa bertumbuh lebih cepat.

Produk yang ditawarkan adalah Bhinneka Assurance Investa Link (Investa Link) dengan pilihan Masa Target Investasi 3 bulan dan Masa Target Investasi 12 bulan.

3. Asuransi Sehat
Kami memahami sehat bagi Anda dan keluarga sangatlah penting. Dengan jasmani yang sehat, Anda dapat selalu menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun bila Anda sakit, langkah Anda dan keluarga dalam mencapai cita-cita akan terhenti bahkan pupus di tengah jalan.

Melindungi nasabah dari risiko sakit merupakan salah satu tujuan dari kami untuk menyehatkan bangsa Indonesia. Produk yang kami tawarkan adalah Bhinneka Assurance Care (Sehat).

Selain itu kami memberikan fasilitas tambahan berupa layanan rawat inap dengan hanya dengan menggesek kartu layanan provider maka nasabah dimudahkan dalam proses klaim rawat inap tanpa perlu repot administrasi RS melalui Asuransi Tambahan Bhinneka Assurance Hospital Care (Hospital care).

4. Solusi Keluarga
Kepala keluarga adalah nahkoda bagi kapal "rumah tangga" nya. Nahkoda yang bijak mampu mengantispasi setiap gelombang kehidupan dan kendala yang menghadang laju kapalnya, bahkan dalam keadaan tidak menguntungkan sekali pun.
Keluarga yang bahagia adalah keluarga yang memiliki perencanaan keuangan dan mencapai rencana tersebut dengan baik.

Bhinneka Life memiliki beberapa pilihan produk Asuransi Jiwa untuk melindungi keluarga tercinta Anda, yaitu melalui produk Bhinneka Assurance Indonesia (Asri).

5. Solusi Pendidikan
Tiap orang tua menginginkan masa depan yang cerah bagi anak-anaknya. Langkah awal terbaik adalah melalui pendidikan yang baik. Namun, terkadang orang tua luput mengantisipasi biaya pendidikan yang melambung dari tahun ke tahun atau luput mengantisipasi kendala yang tidak diinginkan menimpa diri mereka.
Bhinneka Life membantu para orang tua merencanakan dana pendidikan anak hingga ke tingkat perguruan tinggi.

Merencanakan keuangan untuk pendidikan Anak Anda, Bhinneka Life memiliki produk asuransi pendidikan yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan cita-cita buah hati Anda. Yakni, Bhinneka Assurance Edu (Beasiswa Berencana) dan Bhinneka Assurance Star (Cerdas) yang memberikan jaminan biaya pendidikan dari mulai TK hingga Perguruan Tinggi.

6. Asuransi Masa Depan
Setiap orang mendambakan kesejahteraan untuk dirinya dan keluarga yang dicintainya. Namun terkadang ada kendala untuk mewujudkan kesejahteraan yang diidamkan. Bahkan tak jarang kesejahteraan menjadi sesuatu yang jauh dari jangkauan.
Bhinneka Life membantu mewujudkan masa depan bersama keluarga. Bhinneka Assurance Estate (Warisan) memberikan warisan yang bernilai untuk keluarga. Hanya dengan membayar premi selama 5 tahun, nasabah mendapatkan perlindungan asuransi hingga seumur hidup.

Pilihan pengelolaan keuangan lainnya adalah Bhinneka Assurance Capital (Mandiri) untuk mempersiapkan pensiun sejak dini. Pilihan yang sangat bijak untuk menikmati pensiun dengan bahagia sekaligus memberikan manfaat proteksi yang sangat bernilai untuk keluarga.

Pelaku UMKM Harus Melek Teknologi

Pertumbuhan UMKM di Sumatera Barat setiap tahunnya meningkat cukup besar. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat, Zirma Yusri  mengungkapkan, UMKM menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“Di tengah sulitnya mencari pekerjaan saat ini, UMKM menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk meningkatkan taraf perekonomian. Banyak anak muda sekarang yang terjun berwirausaha lantaran sulitnya mencari pekerjaan,” ujar Zirma.

Menurutnya, sebagai pelaku UMKM, masyarakat juga harus paham bagaimana mengelola usaha yang baik agar mampu bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Ia mengatakan, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam membangun usaha bagi masyarakat yang ingin berwirausaha.

“Ada banyak yang perlu dipahami untuk membangun usaha. Kiatnya, kita harus bisa melihat peluang yang ada. Kemudian manajemen dan pengelolaan usaha itu sendiri,” terangnya.

Zirma menjelaskan, pelaku usaha harus bisa berintegrasi dengan teknologi. Sehingga proses produksi ataupun pemasaran dapat dilakukan secara efektif. Selain itu, tata kelola keuangan usaha juga sangat penting diterapkan agar keuangan usaha dapat terkendali dengan baik.

UMKM Tumbuh Pesat di Kabupaten Solok

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Solok Nasripul Romika, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Solok berupaya terus menerus mengoptimalkan perekonomian rakyat dengan peningkatan peluang dan akses ekonomi berbasis kerakyatan.

"Dari tahun ke tahun, pertumbuhan UMKM di Kabupaten Solok meningkat pesat dengan variasi produksi," kata Nasripul Romika.

Dijelaskannya, dari data yang ada, pada tahun 2016 setidaknya ada lebih kurang 12. 847 UMKM yang tersebar di 74 nagari dalam 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok. Adapun jumlah ini meningkat sangat drastis dibanding beberapa tahun silam.

"Sektor UMKM dan Koperasi merupakan salah satu penopang dan pendorong pembangunan perekonomian Kabupaten Solok. Oleh karena itu kita akan mendukung usaha-usaha masyarakat ini agar bisa lebih berkembang lagi. Dan apa yang dilakukan Bhinneka Life untuk memproteksi dan mengasuransikan pelaku UMKM tentu sanggat kita dukung,” kata Nasripul Romika.

Dijelaskan Nasripul Romika, berbagai program telah digulirkan oleh Pemkab Solok dalam memajukan dan membekali para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Solok baik pelatihan maupun seminar pengembangan usaha UMKM.

"Dengan demikian diharapkan semakin tumbuh semangat berwirausaha masyarakat sehingga akan memunculkan pengusaha-pengusaha yang siap bersaing," ujarnya. (SSC/NA)

BACA JUGA