Jum'at, 11/05/2018 16:22 WIB

Tersangka Pencuri Burung Walet Berhasil Ditangkap Polsek Pasaman

Kapolsek Pasaman AKP Muzhendra dan jajarannya saat berhasil menangkap tersangka pencurian burung walet di depan Mapolsek Simpang Empat Pasaman Barat, Jumat pagi, (11/5/2018). (SutanJunir)

Kapolsek Pasaman AKP Muzhendra dan jajarannya saat berhasil menangkap tersangka pencurian burung walet di depan Mapolsek Simpang Empat Pasaman Barat, Jumat pagi, (11/5/2018). (SutanJunir)

Simpang Empat, sumbarsatu.com-- Selang dua jam setelah menerima laporan dari korban, Jajaran Unit Reskrim Polsek Pasaman berhasil meringkus Afrizal (36), tersangka spesial  pencurian sarang burung walet di Pasaman Barat, Jumat (11/05/2018).

Tersangka ditangkap tidak jauh dari lokasi, tepatnya di sekitar Ujung Tanah, Nagari Air Gadang Nagari Lingkung Aur, Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Saat ditangkap, tersangka sempat melakukan perlawanan kepada petugas Polsek Pasaman. Bahkan saat hendak membawa menuju Kantor Polsek Pasaman, tersangka memberontak dan berupaya berupa-pura pingsan. Namun setelah diperiksa petugas ke rumah sakit, dokter mengatakan tersangka tidak apa-apa, dan hanya pura pura pingsan.

Kapolsek Pasaman AKP Muzhendra, SH MH, mengatakan, penangkapan tersangka cukup dramatis dan cepat. Petugas hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menangkap pelaku spesial pencurian sarang burung walet tersebut.

Saat ditangkap, petugas menemukan sekitar 3 ons sarang burung walet yang berhasil dicuri tersangka dari sarang milik Hanafi, satu buah dongkrak besar, kuni liter T, dan tas yang digunakan tersangka.

"Setelah menerima laporan sekitar pukul 05.00 WIB, petugas langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka dua jam setelah itu. Saat penangkapan tersangka melawan dan sempat terjadi baku hantam, sehingga dua petugas mengalami cidera di bagian tangan dan kepala," imbuh Muzhendra.

Muzhendra menambahkan, pelaku masuk ke sarang walet milik Hanafi, di Kawasan Bancah Talang, Nagari Aia Gadang, sekitar pukul 03.00 WIB. Saat tersangka beraksi pemilik sarang walet curiga melihat aktivitas burung dan adanya temuan lobang di salah satu bagian sarang. Merasa curiga, pemilik sarang walet melakukan pengintaian, saat tersangka hendak keluar, pemilik langsung memperegoki. Takut dirinya tertangkap tersangka langsung melarikan diri.

"Korban langsung melapor subuh tadi setelah memastikan bahwa sarang waletnya sedang dicuri, kami pun langsung melakukan pengejaran," tambahnya.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp4,5 juta dan kerusakan di bagian bawah kandangnya. Sementara saat ini tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolsek Pasaman guna penyeledikan lebih lanjut. Sebab, petugas masih mencurigai keterlibatan pelaku lain dalam aksi itu.

"Kita masih mendalami keterlibatan tersangka lainya, tersangka masih diperiksa sekarang," sebutnya Muzhendra.

Muzhendra menambahkan, tersangka tergolong spesiasil pencurian sarang burung walet. Karena tersangka y Afrizal (36) ini resedivis yang baru bebas pada Maret lalu dengan kasus pencurian sarang walet di Nagari Sasak.

"Tersangka merupakan pemain lama, dia pernah di hukum karena mencuri sarang burung walet beberapa waktu lalu," tutupnya. (SSC/NIR)

BACA JUGA