Meski Diguyur Hujan, Program “Ke Rumah Nan Tumpah #2 Sukses Digelar

-

Minggu, 29/04/2018 08:24 WIB
Pementasan

Pementasan "Jas Merah"

Kasai, sumbarsatu.com—Seni Nan Tumpah (KSNT) kembali menggelar kegiatan yang bertajuk “Ke Rumah Nan Tumpah (KRNT)” pekan lalu di rumah Komunitas Seni  Nan Tumpah Korong Kasai, Kasang, Padang Pariaman.

Program KSNT sudah digelar sejak tahun 2017. “Ke Rumah Nan Tumpah #2” merupakan program berkelanjutan yang dilaksanakan di sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah yang direncanakan akan digelar 3 kali dalam setahun.

Kegiatan KRNT bertujuan untuk menjalin silaturahim, diskusi dan sebagai ruang kreatif seni pertunjukan, sastra, seni rupa, musik dan seni media dengan lintas komunitas serta pegiat seni-budaya Sumatera Barat. Serta mengenalkan dan mengajak masyarakat sekitar untuk terlibat langsung dengan dunia kesenian khususnya masyarakat Korong Kasai Padang Pariaman.

Komunitas Seni Nan Tumpah  mengundang masyarakat secara terbuka untuk menyaksikan  acara Ke Rumah Nan Tumpah #2, di antaranya penampilan musikalisasi  puisi yang berjudul “Pemandangan” dan “Aku Ingin” karya Leon Agusta.

Penampilan teater “Jas Merah” yang ditulis oleh Yunisa Dwiranda, disutradarai oleh Tenku Raja Ganesha dan diaktori enam orang anggota baru yang bergabung pada awal 2018 lalu, membawakan  pertunjukan dengan topik sejarah.

Enam  aktor baru yang berperan dalam pertunjukan ini adalah Syukri Ananda, Hamdan Almi Putra, Srikandi Putri, Ahmad Triyadi, Fahmi Syaiful Ulum, Zulia Agustin. Melakoni teater “Jas Merah” dalam acara Ke Rumah Nan Tumpah #2 merupakan  pertunjukan  pertama  bagi  mereka yang dipersiapkan sejak 2 bulan terakhir sekaligus peresmian sebagai anggota baru Komunitas Seni Nan Tumpah.

Enam anggota baru Komunitas Seni Nan Tumpah  telah mengikuti proses kreatif KSNT sejak 2 bulan terakhir dalam  mempersiapkan pertunjukkan teater “Jas Merah”. Selain di “Ke Rumah Nan Tumpah #2, “Jas Merah” juga akan ditampilkan pada beberapa sekolah menengah atas di Sumatera Barat dalam program Komunitas Seni Nan Tumpah yang bertajuk “Nan Tumpah Masuk Sekolah #8 yang akan dilaksanakan bulan depan.

Tim “Jas Merah” telah berhasil melakoni perannya masing-masing dalam naskah yang di tulisan Yunisa Dwiranda ini. Meskipun di tengah pertunjukan hujan turun cukup lebat namun tidak mengurangi semangat pemain dalam menampilkan yang terbaik. Peserta tetap profesional memberikan pertunjukan terbaik di hadapan penonton yang telah hadir.

 

“Meskipun tiba-tiba hujan lebat di tengah pertunjukan para pemain tetap profesional dalam pertunjukkan. Mereka sudah  menampilkan yang terbaik, meskipun ada beberapa hal yang perlu di biasakan lagi,” kata Tengku Raja Ganesha, sutradara teater “Jas Merah”

Dijelaskannya, “Jas Merah” akan tampil lagi bulan depan di Nan Tumpah Masuk Sekolah. (SSC/Aisyah)

BACA JUGA