Selasa, 24/04/2018 07:27 WIB

Aat Surya Safa’at: Humas Jangan Alergi Dikritik

Aat Surya Safa’at

Aat Surya Safa’at

Payakumbuh, sumbarsatu.com—Seharusnya jangan ada pihak yang alergi terhadap kritik. Ketika humas menerima kritikan, humas harus bijaksana dalam menanggapi kritik tersebut. Berarti, dengan adanya kritik wartawan terhadap humas maupun institusi tempat humas bernaung, membuktikan bahwa kerja institusi tempat humas bernaung maupun kerja humas itu sendiri telah diperhatikan.

“Sebaliknya, seorang wartawan ketika mengkritik kerja sebuah institusi dan Humas, harus memiliki nilai-nilai kesantunan,” ajak Aat Surya Safa’at, praktisi komunikasi dan mantan wartawan Antara, menjawab media ini menyangkut tugas dan tanggung jawab seorang petugas humas (hubungan masyarakat) dan wartawan, di Balaikota Payakumbuh, eks Lapangan Poliko Payakumbuh, Jumat (20/4/2018) lalu.

Wawancara yang dilakukan usai Aat memberikan pelatihan jurnalistik kepada Kepala Perangkat Daerah (KPD) di lingkungan Pemko Payakumbuh itu, ditambahkannya, bahwa dalam operasionalnya, humas perlu menjalin hubungan personal yang baik dengan segenap wartawan. Hubugan pribadi per pribadi terhadap wartawan oleh seorang praktisi humas harus dilakukan.

“Biasanya, hubungan pribadi yang tidak bagus dan humas yang kurang silaturahminya dengan wartawan, kadang mejadi pemicu berita miring terhadap institusi tempat humas bernaung maupun terhadap humas itu sendiri,” terang Aat.

Di sisi lain, Aat mengingatkan, wartawan pun dalam menulis jangan hanya mengejar sensasi. Perlu juga ada unsur edukasi dan mencerahkan masyarakat. (IMA)

BACA JUGA