Jum'at, 13/04/2018 21:57 WIB

Agam Kekurangan Tenaga Kesehatan

Suasana pelantikian pejabat fungsional tenaga kesehatan

Suasana pelantikian pejabat fungsional tenaga kesehatan

Agam,sumbarsatu.com- Kabupaten Agam saat ini masih kekueangan tenaga kesehatan, ungkap Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs. H. Martias Wanto, MM Dt. Maruhun, dalam sambutannya, usai pengucapan sumpah dan pelantikan pejabat fungsional tenaga kesehatan dilingkungan pemerintah daerah itu, di aula Dinas Kesehatan Agam Jumat (13/4/2018).

"Jumlah tenaga kesehatan di Agam saat ini sebanyak 897 orang, sedangkan kebutuhan kita mencapai 1.057 orang," ujarnya.

Meskipun kekurangan tenaga, tetapi fungsional tenaga kesehatan tetap dituntut menjadi tenaga kesehatan yang handal dengan berbekal etika, legalitas dan kompetensi.

Ia juga mengatakan, tenaga kesehatan merupakan pekerjaan yang mulia dan layak disebut sebagai pahlawan kemanusiaan di bidang kesehatan, karena telah berupaya untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang baik.

Pejabat fungsional tenaga kesehatan yang dilantik adalah Drg. Febria Fernandez sebagai Dokter Gigi pertama di Puskesmas Batu Kambiang, Kecamatan Ampek Nagari, dan Junias, A.Md. Keb sebagai Bidan Pelaksana di Puskesmas Batu Kambiang, Kecamatan Ampek Nagari.

Sekda mengharapkan, pejabat fungsional yang baru mampu menjadikan jabatan sebagai suatu amanah, agar senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, melaksanakan reformasi dan inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sesuai koridor hukum.

Mereka juga dituntut bersikap terbuka dan bersedia menerima kritik dari semua pihak, mengembangkan kemampuan diri dalam aspek teknis dan manajerial agar dapat menjadi panutan yang handal dalam menentukan keberhasilan pembangunan kesehatan, berkomitmen dalam menjalankan tugas guna mewujudkan visi organisasinya masing-masing.

"Selamat kepada pejabat fungsional yang baru dilantik, semoga mampu menjalankan amanah ini. Pelantikan hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu," ujarnya.

Pengucapan sumpah dan pelantikan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Agam, dr. H. Indra Rusli, MPPM, Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Agam, Drs. Fauzir, yang juga bertindak selaku saksi pelantikan. (MSM)

BACA JUGA