Kamis, 12/04/2018 14:07 WIB

Pemkab Agam Remajakan Ribuan Hektar Sawit Rakyat

Sawit rakyat

Sawit rakyat

Agam,sumbarsatu.com-Pemkab Agam, melalui Dinas Pertanian, akan meremajakan kelapa sawit rakyat seluas 3.500 hektar, seperti disampaikan Plh. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam Ir. Arief Restu di Lubuk Basung, Kamis (12/4/2018).

Menurutnya, peremajaan itu dilaksanakan karena kelapa sawit di daerah itu banyak yang sudah berusia lebih dari 25 tahun, dan produksinya sudah menurun.

Untuk melaksanakan peremajaan itu, dibentuk  tim khusus, yang diketuai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam.

Perkebunan sawit rakyat di daerah itu dililit berbagai persoalan. Di antaranya, bibit yang tidak berkualitas, pengelolaan kebun yang tidak memenuhi standar, dan usia tua yang menyebabkan penurunan produk.

“Agar produksi sawit meningkat, dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi, dan pengecekan langsung ke lapangan berupa Calon Petani Calon Lahan (CPCL) ke lahan usulan yang masuk,” ujarnya.

Sasaran program adalah lahan kelapa sawit yang sudah tidak produktif, di antaranya telah berumur di atas 25 tahun dan produksinya telah menurun di bawah 10 ton/ hektar/tahun," ujarnya

Ia menyebutkan, berkas usulan peremajaan sawit tidak produktif disertai kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan surat keterangan tanah, atau sertifikat tanah, beserta dokumen lainnya yang diperlukan.

Usulan tersebut akan diajukan kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Pertanian. Petani yang memenuhi syarat dan ketentuan, akan diberikan bantuan berupa dana replanting sebesar 25 juta/ hektar. (MSM)

    SAWIT RAKYAT.JPG
    518.6kB

, or

BACA JUGA