Kejayaan Koperasi di Masa Lalu Harus Dibangkitkan

Rabu, 11/04/2018 13:26 WIB
Diklat Perkoperasian bagi Wartawan di Balatda Koperasi, Padang, Rabu (11/4/2018).

Diklat Perkoperasian bagi Wartawan di Balatda Koperasi, Padang, Rabu (11/4/2018).

Padang, sumbarsatu.com--Kejayaan koperasi di masa lalu harus dibangkitkan kembali.
"Koperasi harus tumbuh dari bawah. Kita yang harus membangkitkan kembali kejayaan koperasi tersebut," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Zirma Yusri, saat membuka Diklat Perkoperasian bagi Wartawan di Balatda Koperasi, Padang, Rabu (11/4/2018).

Zirma mengungkapkan banyaknya kredit usaha untuk anggota koperasi yang ditutup, seperti Kredit Usaha Tani (KUT), pinjaman untuk anggota koperasi perkebunan, dan sebagainya membuat usaha koperasi sulit berkembang.

Dengan demikian, koperasi harus membina kelompok-kelompok yang memiliki produk tertentu, seperti Koperasi Solok Radjo yang memiliki komoditas kopi untuk ekspor.

"Melalui kelompok yang memiliki produk unggulan tersebut, bisa dicarikan bantuan atau kredit permodalan dengan membuat proposal usahanya," tuturnya.

Dengan pelatihan perkoperasian ini, kata Zirma, selain menambah pengetahuan dan wawasan, diharapkan muncul tulisan-tulisan yang membuat orang mencintai koperasi dan membangkitkan gairah koperasi untuk tumbuh dan berkembang. (SSC)

BACA JUGA