Sibarasok Kejar Kualitas Kopi Dunia

-

Kamis, 22/03/2018 06:50 WIB
Titi sedang menyortir buah kopi, untuk mendapatkan kopi Fine Robusta.

Titi sedang menyortir buah kopi, untuk mendapatkan kopi Fine Robusta."

Agam, sumbarsatu.com-Sibarasok, Kampung Lubuak Nyanyuak, Jorong Koto panjang, Nagari (Persiapan) Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, merupakan salah satu penghasil kopi terkenal di Kabupaten Agam.

Kini, keberadaan Sibarasok kian strategis dalam pegnembangan kopi di Agam. Pasalnya, di Sibarasok bermukim seorang Sarjana Pertanian jebolan Unand dua tahun lalu. Ia adalah Hilmi Hayati, STP.

Menurut pemuka setempat, yang juga mantan anggota DPRD Agam, Khudri, MS, dara lajang yang akrab disapa Titi itu, lebih memilih mengembangkan kualitas kopi, ketimbang menjadi pegawai.

“Titi lebih memilih mengembangkan usaha kopi, terutama kualitas kopi, sehingga bisa mengikuti lelang kopi dunia,” ujarnya, Kamis (22/3/2018), di rumah kediamannya, di Lubuak Nyanyuak.

Titi sendiri mengakui, kalau ia ingin mengangkat nama Sibarasok sebagai penghasil kopi berkualitas dunia. Ia ingin kopi Sibarasok bisa dihargai pantas, sebagai kopi berkualitas.

“Pada lelang kopi dunia, harga kopi mencapai sekitar 55,57 Dollar Amerika, atau sekitar Rp700.000/Kg,” ujarnya, ketika ditemui di tempat pengolahan kopinya, Kamis (22/3/2018).

Menurutnya, untuk mengantarkan kopi Sibarasok, Agam umumnya, ke pentas dunia, tidak sulit. Tinggal kemauan dan kerja keras, diiringi kesabaran, dan ketelitian. Karena untuk mencapai kualitas dunia, memang banyak persyaratannya. Di antaranya, kopi mesti bebas pestisida, perlakuan terhadap buah kopi juga harus sesuai standar.

“Kini saya sedang berupaya menemukan kopi robusta, dengan tingkat kepahitan tertentu, sehingga lebih menggoda selera penikmatnya,” ujarnya pula.

Kini Titi telah berhasil memproduksi kualitas premium, yang disebutnya “Fine Robusta.” Namun produksinya masih sangat terbatas. Namun ia yakin, dalam tempo tidak begitu lama, ia mampu memenuhi permintaan pasar.

“Kami patok harga kopi jenis Fine Robusta Rp100.000/Kg,” ujarnya pula. Sedangkan harga kopi bubuk pasaran hanya Rp75.000/Kg. (MSM)

Titi sedang menyortir buah kopi, untuk mendapatkan kopi Fine Robusta."

A-4

BACA JUGA