Jum'at, 09/03/2018 21:04 WIB

Pemkab Agam Gulirkan Program Atasi Anjloknya Produksi Ikan Danau Maninjau

Alat berat DPKP Agam sedang menegerjakan cetak kolam baru.

Alat berat DPKP Agam sedang menegerjakan cetak kolam baru.

Agam, sumbarsatsu.com--Untuk mengatasi anjloknya produksi ikan air tawar akibat pencemaran perairan Danau Maninjau, Pemkab Agam melakukan berbagai program, ungkap Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, Jumat (9/3/2018) ketika dihubungi via ponselnya.

Program yang dimaksudkannya, antara lain memperbanyak pembangunan kolam ikan, revitalisasi dan reklamasi kolam, mina padi, dan kolam terpal.

“Hasilnya, produksi ikan air tawar Agam mampu bertahan, bahkan meningkat. Kondisi demikian memungkinkan untuk meningkatkan konsumsi ikan warga,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Ermanto, S.Pi, M.Si, mengatakan, cetak (pembangunan) kolam ikan baru sejak tahun 2013 sampai 2017, 30,46 ha. Reklamasi seluas 6,02 ha, dan perbaikan pisik 4,30 ha.

Produksi ikan non KJA sejak 2011 terus meningkat. Tahun 2011 hanya 8.800 ton, dan tahun 2017 sudah mencapai14.319 ton. Sedangkan produksi ikan KJA produksinya terus melorot. Tahun 2011 39.000 ton, dan 2017 hanya 34.134 ton.

“Diperkirakan tahun 2018, produksi ikan KJA akan melorot lagi, kurang dari 20.000 ton,” ujarnya.

Penyebabnya, kondisi air Danau Maninjau semakin parah. Saat ini, warna ari danau begitu kelam, karena parahnya pencemaran. Diperkirakan, pemulihannya akan memakan waktu sampai 24 tahun.

Untuk menggenjot produksi ikan air tawar, Ermanto mengajak segenapwarga Agam untuk memanfaatkan lahan yang memungkinkan untuk membangun kolam ikan. Bagi yang akan membangun kolam ikan baru, untuk kelompok diberikan banyak kemudahan, seperti membantu pekerjaan dengan alat berat, berikut BBM-nya, kemudian membantu pengadaan benih ikan secara gratis.

Sedangkan bagi perorangan, akan dibantu pengadaan alat berat, tanpa bantuan BBM. Namun benih ikan gratis tetap diberikan.

Cetak kolam baru, menurut Ermanto baru dilakukan pada 9 kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di daerah itu. Kecamatan tersebut adalah Tanjung Mutiara, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Ampek Nagari, Palembayan, Malalak, Ampek Angkek, Tilatang Kamang, dan Baso. (MSM)

Alat berat DPKP Agam sedang menegerjakan cetak kolam baru.

 

BACA JUGA