Yayasan Imagine Padang Akan Selenggarakan Lokakarya Pendamping dan Perawat Autisma

Jum'at, 09/03/2018 18:05 WIB

Padang, sumbarsatu.com—Yayasan Imagine Padang bekerja sama dengan Yayasan ASA Jakarta mengadakan lokakarya untuk meningkatkan kemampuan pandamping dan perawat individu Autisma Remaja dan Dewasa. Lokakarya akan diselelenggarakan pada hari Minggu tanggal 10 Maret 2018 di Gedung BPTP Jl.Khatib Sulaiaman Padang, seberang Masjid Raya Sumatra Barat. Narasumber dan pemandu acara adalah Michael, seorang fisioterapi berpengalaman kebangsaan Filipina yang telah berpengalaman bekerja untuk anak dan remaja Autisma di klinik, masyarakat dan sekolah.

Sandra Prima dari Yayasan Imagine Padang mengatakan kegiatan merupakan bagian kegiatan Yayasan Imagine dalam memperingati Hari Autisma Sedunia 2018, yang setiap tahun jatuh pada tanggal 2 April.  Secara khusus kegiatan ditujukan untuk meningkatkan wawasan kemampuan peserta dalam mendampingi dan merawat individu Autisma remaja dan dewasa, sesuai perannya masing-masing sebagai orangtua atau keluarga luas maupun sebagai tenaga profesional medik dan non medik. Lokarkarya ini juga terbuka untuk diikuti oleh pemerhati maupun peneliti.

Kasus Autisma pada anak ditemukan meningkat pesat diberbagai bagian dunia sejak pertengahan tahun 90an. Sebagian besar dari merekayang lahir than 1990an dan 2000an awal itu saat ini telah remaja dan dewasa muda. Layanan pendidikan dan perawatan untuk mereka tidak banyak. Sejak 1990an akhir, tempat layanan pendidikan dan terapi bertumbuh pesat diberbagai kota besar hingga kota kecil diseluruh penjuru tanahair, namun sebagian besar  memberi layanan untuk untuk Autisma usia anak hingga remaja.  Banyak individu Autisma remaja dan dewasa terhenti pendidikannya jika mereka tidak mampu berada dalam lembaga pendidikan arus utama.

Individu Autisma remaja dan dewasa mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan sebagaimana halnya remaja dan dewa muda lainnya, dengan kompleksitas yang lebih rumit. Terutama karena berbagai keterbatasan mereka dalam komunikasi sosial dan perilaku mereka yang khas. Adakalanya keadaan ini disertai dengan gangguan kesehatan mental yang mempersulit mereka sendiri maupun yang merawat. Gangguan yang bisa menyertai individu Autisma remaja dan dewasa antara lain: gangguan kecemasan dan depresi. Keluarga yang mendampingi dn merawat, beserta kalangan profesi yang terlibat dalam memberi layanan pendidikan, kesehatan perlu bersama sama meningkatkan kemampuan bidang masing masing, dan mengembangkan kemampuan bekerjasama dalam penanganan setiap kasus. Tidak ada satu kasus Autisma yang persis sama, dan tentunya ada kebutuhan untuk penanganan yang tepat sesuai kebutuhan dan sumberdaya yang tersedia dan terjangkau. Setiap individu Autisma dengan keunikannya, demikian pula situasi yang dihadapi keluarganya.

Lokakarya ini akan berlangsung mulai pukul 08.00-16.00 WIB, terdiri atas sesi presentasi narasumber, diskusi dan asesmen dan praktek perencanaan kegiatan masing-masing pada tingkat keluarga. Materi yang dibahas meliputi, memahami perilaku yang sulit diatasi. Kemudian memahami intervensi/penanganan terhadap gangguan mental yang menyertai Autisma remaja, dewasa. Asesmen dan penanganan untuk keluarga, pasangan dan perawat Autisma dewasa. Hidup bersama (sebagai orangtua dan saudara) Autisma dewasa. Perbaikan akses/keterjangkauan untuk mendapatkan layanan dan dukungan untuk Autisma dewasa. Identifikasi peralatan komunikasi tambahan untuk individu Autisma dewasa. Mengembangkan kemampuan bantu diri untuk mengatasi kecemasan dan depresi pada individu Autisma. Serta kerjasama antar disiplin profesi kesehatan dan keluarga. Peminat untuk mengikuti lokakarya ini dapat menghubungi Rida Hayani 081266589159, dan Sandra Prima 08126620395. (SSC)

 

 

 

BACA JUGA