OKB Selenggarakan Lomba Resensi Buku Evolusi Mimpi Menata Indonesia

Jum'at, 02/03/2018 16:11 WIB
LOMBA RESENSI BUKU

LOMBA RESENSI BUKU

Padang, sumbarsatu.com--Orang Kaya Buku (OKB) menyelenggarakan Lomba Menulis Resensi Buku Evolusi Mimpi Menata Indonesia. Buku yang ditulis Ade Wiharso dan Lina M Komarudin ini bercerita tentang Andrinof A Chaniago dan jejak kelahiran pemikiran pembangunan pasca 2014. Lomba menulis resensi ini ditujukan untuk pelajar dan mahasiswa di Sumatera Barat.

Seratus peserta yang mendaftar pertama melalu pesan (inbox) Fan Page Facebook Orang Kaya Buku – OKB, akan mendapatkan buku Evolusi Mimpi Menata Indonesia. Pesan yang dikirim ke Fan Page Orang Kaya Buku – OKB berisi Nama, Alamat Sekolah/Kampus, dan Nomor Kontak. Pendaftaran untuk mendapatkan buku dimulai 1 Maret 2018 hingga 10 April 2018. Di luar seratus peserta yang mendaftar pertama tersebut silakan mengunduh bukunya di www.orangkayabuku.com.

Lomba resensi buku ini diselenggarakan mulai 1 Maret hingga 10 April 2018. Tulisan dikirim melalui email okbindonesia@gmail.com dengan subjek #Lomba Resensi Buku Evolusi Mimpi Menata Indonesia#. Ketentuan penulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, memaparkan sisi inspiratif dan ide menarik dari membaca buku tersebut. Diketik menggunakan Microsoft Word dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pt dan spasi 1,5 pt. Panjang tulisan berkisar 750-1000 kata.

Penulis 10 terbaik akan diumumkan  tanggal 17 April melalui www.orangkayabuku.com, sesuai kategori masing-masing. Kepada 10 terbaik, untuk dipilih menjadi Juaran I hingga III, diwajibkan mengirim video maksimal tiga menit, terkait hal-hal yang menarik dari buku yang dibaca serta yang menginspirasi untuk membangun Indonesia masa depan. Rekaman bisa melalui kamera handphone saja, yang dikirim via email panitia.

Untuk penentuan juara I, II, III,  tanggal 23 April, mereka yang terpilih tiga terbaik masing-masing kategori, akan diundang untuk presentasi dan tanya jawab terkait buku dengan Adrinof A Chaniago, di hadapan para undangan dan dewan juri. Setelah itu, baru diputuskan pemenang I, II, III, dan tiga harapan terbaik. Total hadiah yang akan diperebutkan peserta Rp17.750.000,-

Menurut Ketua OKB, Yusrizal KW, lomba resensi buku ini bentuk apresiasi terhadap pemikiran Andrinof A Chaniago tentang Indonesia. Andrinof, salah seorang pembuat visi Indonesia 2033, yang pernah diangkat menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas oleh presiden Jokowi. Andrinof yang lahir di Mata Air, Padang, juga dikenal sebagai akademisi serta pengamat kebijakan publik dan ekonomi politik.  

“Kita ingin percikan-percikan pemikiran dan kisah hidup Andrinof dalam buku ini menjadi inspirasi bagi remaja dan orang muda. Melalui lomba resensi buku ini diharapkan para pelajar dan mahasiswa menemukan ide kreatif dan inspiratif dalam melihat dan menata mimpi tentang Indonesia masa depan,” ungkapnya. (*)

 

BACA JUGA