Jum'at, 02/03/2018 08:35 WIB

Leonardy Ikut Kawal Perbaikan Bendungan Batang Bawan

Anggota Komite IV DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa  bersama masyarakat

Anggota Komite IV DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa bersama masyarakat

Bawan, sumbarsatu.com--Anggota Komite IV DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa bakal turut memperjuangkan bendungan Batang Bawan yang jebol sejak 2015 dan belum mendapat titik terang perbaikannya. Mereka menginformasikan akibat-akibat yang diderita masyarakat di sana pasca rusaknya bendungan tersebut.

"Bendungan ini perlu perbaikan segera. Ini menyangkut hajat hidup orang banyak," ujar Leonardy menanggapi informasi yang diberikan Walinagari Bawan Kamiruddin, Kamis (1/3/2018).

Senator Sumbar ini pun menelepon Kasubdin Irigasi di PSDA Sumbar untuk mengetahui ada tidaknya rencana perbaikan bendungan itu.

"Alhamdulillah, bendungan Batang Bawan sudah masuk dalam perencanaan Balai Wilayah Sungai Sumatera V. Proyek ini satu paket dengan normalisasi Batang Antokan," ujar Leonardy.

Kabar baik yang disampaikan Leonardy itu disambut gembira oleh Camat Ampek Nagari Roza Syafdefianti, Walinagari Bawan Kamiruddin beserta Bamus dan walinagari lainnya yang hadir di Kantor Camat Ampek Nagari itu.

Senator asal Sumbar itu mewanti-wanti agar proyek itu dikawal dengan baik. Perencanaan sudah ada, jadi diminta dilakukan upaya-upaya terstruktur agar perbaikan bendungan bisa segera terealisasi.

Selain revitalisasi Pasar Nagari Bawan, Leonardy juga mendapat usulan menarik dari para walinagari, Bamus dan KAN Ampek Nagari. Pendamping teknis itu hendaknya dipilih walinagari, seperti perangkat nagari. Mereka beralasan selama ini kesulitan berkomunikasi seputar perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan pembangunan di nagari mereka.

Juga dikeluhkan harga karet sejak 2005 yang hanya berkisar Rp7.000. Sekaitan informasi dari Ketua Bamus Batukambing ini, Leonardy bakal berupaya menjembataninya dengan pihak pabrik. (SSC)

BACA JUGA