Jum'at, 23/02/2018 07:46 WIB

SMPN 2 Ampek Angkek Gelar Lomba Keagamaan

Mulyadi ketika membuka lomba keagamaan SMPN 2 Ampek Angkek

Mulyadi ketika membuka lomba keagamaan SMPN 2 Ampek Angkek

Agam, sumbarsatu.com--Untuk menciptakan generasi muda berkualitas, dan meningkatkan karakter, ketaqwaan, keimanan, sehingga tercipta generasi berkualitas, dalam menuju masyarakat yang madani di daerah itu, SMPN 2 Ampek Angkek, Kabupaten Agam, menggelar Lomba Keagamaan.

Mata lomba meliputi Tahfizh Qur'an, Asmaul Husna, dan Puisi Religi, dibuka dengan resmi Bupati Agam, diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Mulyadi, SH, Kamis (22/2/2018), di kampus sekolah tersebut.

Mulyadi mengapresiasi perlombaan dimaksud, karena kegiatan seperti inilah yang ditunggu-tunggu, untuk meningkatkan karakter, ketaqwaan, dan keimanan, sehingga tercipta generasi berkualitas, dalam menuju masyarakat yang madani di daerah itu.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting dalam membangun karakter anak didik, tidak hanya melahirkan generasi yang berkualitas,tetapi juga mampu mengasah intelektual, emosional, maupun spiritual.

Dikatakan, kegiatan itu merupakan ajang untuk belajar bagi anak didik, karena banyak yang harus dipelajari melalui lomba tersebut. Sekaligus sebagai menguji kemampuan yang telah dipelajari selama ini.

"Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak generasi yang menyimpang dari norma agama, adat, dan budaya, sehingga perbuatan negatif jadi berkembang di tengah masyarakat, seperti yang marak kasus penyalahgunaan narkoba, dan LGBT," ujarnya.

Melalui lomba, Mulyadi mengharapkan, perbuatan tidak terpuji seperti itu bisa jauh dari generasi muda di daerah itu.

"Karena kita menginginkan Agam mampu melahirkan SDM yang berkualitas, dan kompetitif, sehingga muncul generasi yang mampu membawa negara kepada kondisi terhormat nantinya," ujarnya berharap.

Mulyadi menginginkan agar sekolah lain yang ada di Agam ikut menggelar kegiatan seperti itu. Masih banyak kegiatan keagamaan yang bisa dilombakan, supaya pelaksanaan lomba lebih variatif.

Kepala SMPN 2 Ampek Angkek, Dra. Zulfamiarti, MPd menyebutkan, kegiatan itu digelar satu hari, diikuti sekitar 65 siswa SD, dan SMP se Agam belahan timur. Kegiatan dimaksud sudah menjadi agenda tahunan. Kali ini merupakan yang kedua.

"Sebelumnya, kegiatan serupa digelar hanya tingkat SD se-Agam belahan timur, dan kali ini pesertanya diperluas ke tingkat SMP," ujarnya.

Diharapkan tahun depan pesertanya diperluas ke tingkat Kabupaten Agam. Tema yang diangkat dalam lomba adalah, "Membina dan Mendidik serta Membangun Generasi Penerus yang Beriman, dan Bertaqwa kepada Allah SWT, serta Mewujudkan Agam Madani".

"Tema itu sebagai pedoman kita untuk mewujudkan anak didik yang berkarakter, beragama, dan berakhlak, karena banyak saat ini anak yang karakternya sudah menurun. Tugas berat kita saat ini, bagaimana membina kembali anak didik menjadi anak yang berkarakter, beragama, dan beradat," ujarnya pula.

Nampak hadir dalam acara pembukaan lomba, antara lain Anggota DPRD Agam Syaflin Chaniago dan Ais Bakri, Kepala Disdikbud Agam diwakili Kasi SMP, Adri, Camat Ampek Angkek diwakili Sekcam Noviardi Ismail Mhd, Kapolsek Ampek Angkek, Kepala SD, dan SMP, pengurus komite sekolah, serta undangan lainnya. (MSM)

Mulyadi ketika membuka lomba keagamaan SMPN 2 Ampek Angkek

BACA JUGA