KONI Agam Selar Musorkablub

Rabu, 21/02/2018 19:45 WIB
-

-

Agam, sumbarsatu.com--KONI Agam menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub), Rabu (21/2/2018). Di aula utama kantor Bupati Agam.

Musorkablub, yang dibuka Bupati Agam, diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ir. Jetson, MT itu bertujuan untuk memilih Ketua Umum KONI Agam.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan, dalam menentukan pilihan diberikan hak sepenuhnya kepada anggota Komite Olahraga Nasional Indoneisa (KONI) di daerah itu. Namun, dalam menetapkan pilihan, pedomani kriteria yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), maupun tata tertib Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub).

Figur Ketua Umum terpilih nanti sangat menentukan kemajuan KONI Agam ke depan. Pilihan yang tepat akan menghasilkan kegiatan pembinaan yang berkualitas, sehingga nantinya akan menghasilkan prestasi bagi para atlet Agam.

"Dalam menyusun rancangan program kerja ke depan, saya meyakini KONI Agam sudah mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan, maupun yang sedang berjalan," ujarnya.

Dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh, diharapkan akan melahirkan suatu formula pembinaan, yang berorientasi terhadap proses, dan inovasi.

"Kita menyadari, dalam pembinaan olahraga membutuhkan biaya yang cukup besar, tetapi faktor biaya jangan dijadikan penghambat dalam melakukan pembinaan olah raga," ujarnya mengingatkan.

Pemkab Agam tetap komit menganggarkan dana untuk pembinaan olah raga, karena pembinaan olah raga merupakan bagian integral dari pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sesuai dengan visi daerah, "Agam mandiri berprestasi yang madani".

"Anggaran pembinaan olah raga tidak saja dialokasikan untuk pembinaan olah raga prestasi, tetapi juga untuk pembinaan olahraga pelajar, usia dini, masyarakat, serta olah raga rekreasi. Alokasi dana pembinaan setiap tahun diupayakan bertambah," ujarnya menjelaskan.

Wakil Ketua Umum I KONI Sumbar H. Aldi Yunaldi, SH, MSi, yang hadir dalam Musorkablub tersebut mengharapkan, kegiatan itu berjalan dengan tertib, damai, dan lancar, serta pengurus KONI Agam diminta untuk bercita-cita bagaimana membangun olahraga di daerah itu, agar olahraga Agam bisa berbicara di tingkat Sumbar maupun Nasional.

"Kegiatan itu sebenarnya sesuatu yang sudah rutin dilaksanakan. Jika calon Ketua Umum KONI Agam lebih dari satu orang, dan ini adalah semata-mata pemilihan, bukan kubu-kubuan yang nantinya bisa memecah belah olah raga di Agam," ujarnya.

Menurutnya, agenda KONI Sumbar ke depan luar biasa beratnya. Dalam waktu dekat akan menghadapi Pra Porprov XV pada April 2018. Diharapkan seluruh cabang olah raga mempersiapkan atletnya, bagi cabor yang tidak lolos, atletnya tidak bisa bertanding pada Proprov XV di Padang Pariaman.

Sementara itu, Plt Ketua Umum KONI Kabupaten Agam Aliwarman DT. P. Reno mengharapkan, Musorkablub kali ini bisa mendapatkan pimpinan KONI yang inspiratif, dan inovatif, yang akan membawa olah raga Agam disegani, baik di daerah, maupun di Sumbar.

"Kepada peserta Musorkablub, diharapkan menentukan pilihan terbaik terhadap kandidat yang mencalonkan diri," ujarnya. (MSM)

BACA JUGA